Tuesday, July 26, 2016

PENYEBAB FUEL PUMP X-RIDE MACET

Kali ini saya akan membahas tentang Fuelpump, apa sih fuelpump itu??? ya fuelpump adalah suatu alat yang terdapat di tangki bensin yang berfungsi untuk memompakan bahan bakar dari tangki ke Injector , jadi klo fuelpum bermasalah maka sudah pasti tarikan motor pun ga akan bener, biasanya gejala yang di timbulkan adalah tarikan motor jadi brebet dan akhirnya motorpun mati.. ikhhh seremmm... 

lalu apa saja sih penyebab fuelpump macet/ga bekerja seperti serharusnya yuk mari simak 

Akki/accu
Seperti yang kita ketahui kinerja motor injeksi sangat di pengaruhi oleh kinerja aki, klo akki udah drop maka sudah dipastikan kinerja motor ga akan enak, nah hal klo aki nya udah drop atau soak maka supplay listrik yang harus masuk ke komponen fuelpump pun akan berkurang sehingga fuelpump akan bekerja keras memompa bahan bakar ke injector tapi dengan keadaan kurang "strum" , yah mungkin bisa anda bayangkan klo dulu pernah maen tamiya klo batrenya udah soak maka dinamo nya pun akan pelankan, atau dirumah misal pasang pompa air, dalam keadaan listrik stabil maka pompa air pasti menyeprotkan air besar tapi jika listrik lagi turun tegangan atau sepaneng maka air pun ga bakal nyemprot kenceng, pun demikian dengan fuelpum bahan bakar, oleh sebab itu maka kondisi aki harus selalu dijaga yahh, klo akinya udah berumur 2tahunan layak lah ganti pake yang baru biar supllay listrik ke fuelpump menjadi normal kembali sebagaimana mestinya. dan jika diperlukan penambahan voltmeter variasi dimotor agar bisa ngecek terus tegangan aki, jadi klo emang udah mau drop/soak bis secepatnya di ganti. 

Tangki sering kemasukan air
 nah tak jarang juga fuelpump macet itu karena tangki bensin kemasukan air, entah dari hujan atau pada saat disteam, atau karena kondisi karet di tutup bensin sudah ga layak lagi alais getas makanya air bakal cepet masuk, nah hal ini bisa membuat tarikan motor brebet, yah yang pasti karena bensin tercampur air, klo dibiarkan terus-terusan maka bagian fuelpum bakal berkarat , dan bagian filter fulepump pun bakalan kotor , karena filter jadi kotor maka sekali lagi fuelpump bakal dikerja paksa buat mompa bensin ke injector, nah ini lah yang nantinya akan memperpendek umur dari fuelpump , jadi tidak ada salahnya klo secara rutin kita rajin buat kuras tangki bensin, buat cara kurasnya silahkan baca artikel saya sebelumnya

Kualitas bahan bakar buruk
Dan penyebab lainnya adalah kualitas bahan bakal yang kurang bagus, nah kualitas bahan bakar pun akan sangat berpengaruh ke kinerja fuelpump efeknya sama sih kaya diatas bikin filter fuelpump kotor , klo menurut pengalaman saya kualitas bahan bakar bukan karena dipengaruhi motor pake premium,pertalite, atau pertamax, karena faktanya dari pengalaman motor saya sendir dan teman-teman lain nyatanya menggunakan pertamax pun tidak menutup kemungkinan filter fuelpump tuh bakal selalu bersih, seperti motor saya rx-robo yang selalu di isi pertamax tapi nyatanya tetap saja filter kotor, klo menurut saya sih ini dipengaruhi karena adanya kotoran yang ikut masuk pada saat kita mengisi bensin di SPBU , kitakan ga pernah tau klo ada kotoran kotoran yang ikut masuk pada saat kita mengisi Bensin di SPBU ya ketauanya pas sudah kita kuras aja bakal keliatan banyak kerak2 numpuk di tangki dan fuelpump, tapi sih kebanyakan yang mengkonsumsi premium lebih sering cepat rusak fuelpumpnya. 

nah ketiga itulah yang sering menyebabkan FUELPUMP menjadi macet dan akhirnya harus ganti???

mau tau cara hemat memperbaiki Fuelpump, dengan modal dibawah 200rb, Tunggu liputan Bulan depan yah... 


No comments:

Post a Comment