Wednesday, March 7, 2018

PENYEBAB SIKRING CEPAT PANAS

Oke sobat X-rider Semua diawal bulan ini saya isi postingan kali dengan permasalahan di area kelistrikan yang sempat membuat saya bingung dan pusing juga karena memang susah buat diatasinya, permasalahnya adalah sikring yang cepet panas sampai ke dudukan sikring pun panas, dan hampir membuat dudukan sikring pun meleleh, sudah saya coba cek segala kemungkinan pun hasilnya tetap nihil sikring tetap saja panas padahal baru di paka jalan sebentar, dari ngelepas semua lampu lampu tambahan, klakson keong, ganti fiting lampu tetap saja masalah pun masih tetap sama, nah mungkin kalau ada konslet antara kabel seharusnya membuat sikring putus, tapi kejadian dimotor saya sikring engga putus, berarti memang ada masalah lain, kemudian saya cek juga dan bersihin bagian sokcet2 nya pun masih sama, bahkan saya sampai menyolder ulang kabel dudukan sikring yang nyambung ke postifi aki. berbagasi saran dari teman saya kumpulkan dia bilang kemungkinan kabel body yang bermasalah, tapi kebetuln seluruh kabel body ga lama baru ganti seset, karena sempet kebakar waktu saya offroad, dan pernah juga saya posting di postingan yang lama, nah yang jadi kepirina terus adalah bahaya karena sikring yang tidak putus bisa menyebabkan "motor terbakar" karena kabel sudah tidak kuat menahan arus akhirnya meleleh dan membuat motor bisa terbakar, soalnya kan kaya yang saya  bilang tadi di atas waktu offroad sempet kebakar kabel body, itu sikring ga putus cuman semua kabel aja yang gosong, atau ada juga dipostingan saya bulan januari yang ngebahas motor kebakar , tapi tidak kebakar total, hanya bagian bagasi dan aki saja. dan setelah dipikir lagi di cek lagi tanya lagi, hemmm akhirnya di ketemu juga masalahnya, ada di KIPROK, weleh udah lepas semua kabel kabel ga taunya masalah ada dikirprok, dan memang ketika saya pegang pun baru nyala bentar anget angetnya kiprok tuh beda aja kerasanya, dan juga walapun aki masih sangat baru, suara klakson malah sember, samapi ganti klakson juga, ehh ga taunya masalahnya bukan di situ, terus lampu pun sama mayan redup, apalagi buat starter kadang susah aki aja, sampe drop di 8volt, dan berarti kemaren kemaren masalahnya juga bukan di aki, wah bener bener satu komponen ini yang engga  kepikiran yang bermasalah, yah jadinya percuma juga kamaren ganti Aki, Ganti Klason, dll nya eh ternyata masalahnya ada di Kiprok yang udah engga bagus, fiuhh menghabiskan banyak duit keluar juga, dan Akhirnya Pemasalahan pun sudah di temukan selanjutnya tinggal ganti aja kiprok yang bermasalah dengan yang baru, nah buat sobat x-rider yang nemu masalah ini juga, ada baiknya cek semua kemungkinan dari kabel dari lampu tamabahan, socket2 dan cek kiprok juga, siapa tau permasalahnya sama kaya motor saya ada di kiprok.

No comments:

Post a Comment