Monday, March 26, 2018

REVIEW PEMAKAIAN BRAKET MONOSHOCK


Karena banyakanya permintaan Review dimuat maka saya posting ulang review penggunaan Monoshock yang sempat saya publish di Facebook, dan ditambah lagi review review sesudahnya mulai dari awal pasang hingga sekarang saya kupas tuntas semuanya
February 25
Review paket braket monoshock made in yogyakarta + shockbreaker Answer Tabung, setelah kemarin berhasil pasang sendiri braket monoshock dan setelah benahin beberapa kekurangan nya td saya coba test drive yang cukup jauh, dari sukabumi-jakarta. Pas awal awal jalan masih terasa kaku karena tinggi motor bertambah sktr 2-3cm jd perlu penyesuaian lagi terlbih tinggi badan saya cmn 165an doank berat badan 72kg. tentu saja sdkt kerepotan pas awal awal bawa motornya, terlebih ketemu jalan macet lumayan bikin repot banget, standaran aja udah lumayan repot apalagi nambah tinggi, tp seiring berjalannya waktu udah mulai bs nyesuainnya lagi, pas awal awal msh blm berani geber motor kecepetan cmn 40-50kpj aja masih dirasa rasain kestabilannya, dirasa dikecepatan trsbt udah cukup stabil mulai nambah kecepatan sampai 80kpj ++ motor mulus tanpa kerasa limbung, buat manuver selap selip cukup enak jg stabil tanpa ada gaya limbung biasanya pas nyalip ada gaya ngebalik kekanan klo pas nyalip ke kiri pengaruh dari shock, dipakai dijalan ga rata masih enak td cb pake bahu jalan yg berbatu, dan lewatin jalur alternatif yg jalannya g semulus jalan raya dan masih sangat nyaman dipake. Dan pas lewatin speedbump d dkt kantor DLLJA Kab.bogor dikecepatan 40kpj an nyaman banget, biasanya klo lwtn tempat itu kudupelan biar enak. Yg sering lwtn daerah itu pasti tau rasanya gimana rasanya pas lwtn speedbump daerah tersebut, lanjut dicoba buat sdkt cornering nih pas belokan enak jg wlpn ga miring2 banget krn lokasinya td ga seenak monasco buat cornering.wkwkwkwk. yah hasil tes drive td buat saya pribadi cukup memuaskan dan yang jd perhatian saya itu masalah kestabilan motor karena udah pakai monoshock apakah masih  stabil sprt dual shock apa engga, dan hasilnya stabil dr segi manuver dan kecepatan lumayan tinggi stabil. Td g berani tes lbh dr 80kpj karena ada masalah d rem,
Lalu bagaimana dengan getarannya, pertanyaan yang sering ditanyakan banyak org sblm pake monoshock, jujur getar pasti ada, pas awal pasang getarnya kerasa banget, stlh kencengin lagi baut bautnya berkurang tuh getar nya, klo pasangnya bener InsyaAllah getaran bakal minim, getarnya serasa naek motor boreupan sgt aja dan g bikin tangan sampe kesemutan gara gata getarannya. Dan getara kerasa cmn pas awal aja klo udah jalan g terlalu kerasa jg. Malah klo dibandingin sm getar nya motor xride boreupan saya. Msh lbh kenceng geternya xride boreup. Smp srng bikin tangan kesemutan klo dipake jalan dari sukabumi-jakarta. Jd untuk masalah getar masih dalam tahap wajar menurut saya klo dibandingin dg motor sy yg lain.
Kekurangnya cmn sdkt kurang nyaman klo dipake sm yg tingi badanya kurang dr 165cm kaya saya karena harus jinjit balet, td aja udah pake spatu yg sol2annya tebel lumayan repot klo pas macet, mungkin klo mau pake jg hrs nyari shock breaker yg lbh pendek lg, krn paketan ini hanya bisa pake shockbreaker vixion. Dan sy blm tau apa ada shock yg ukuranya lbh pendek lg sr standarnya vixion, tp buat yg tingginya kaya saya dan udah terbiasa pake motor tinggi sih nyaman nyaman aja dipake.
**edit lupa blm kasih berat badan , BB 72kg

Review Kedua 6 Maret 2018
(dari review pertama yang kerasa motor jadi lebih tinggi Akhirnya saya putuskan buat mendekin braket bagian depannya agar lebih pendek, untuk versi monoshock yang di jual sekarang sudah lebih pendek dari pada versi awal)

 Setelah mendekin braketnya kemaren, baru td tes jauh lagi sukabumi-jakarta, abis dipasang hr sabtu keburu hujan dan g sempet d tes total karena setelah itu tepar,  baru td bs tes krn hrs balik jakarta lagi.

Pertama kali yg dirasain adalah getarannya ko semakin berkurang malah nyaris ga berasa sama sekali, klo kata iklan phanter mah nyaris tak terdengar, entah cmn perasaan doank atau emang nyata, krn klo saya sndr motor g enak bakal kerasa banget, ini getaran semakin hilang jauh banget deh dr pas pertama kali pasang dan lubang depan braket blm dpendekin, dan buat cornering2 enak beutt. Entah krn udah lbh pendek jd enak buat nikung g kagok kaya kmrn krn kmrn emang tinggi banget apa daya badan pndk motor tinggi susah bener buat nikung, td pas nikung kaki emang keluar sedikit kaget sendiri karena aspal sampe kena sepatu, yg berarti itu td udah cukup miring banget, dan stabil, ajak kenceng lebih PD lg dr pd kemaren itu loh karena geterannya bener bener skrng g berasa banget. Kalo sblmnya memang berasa banget, nah kemungkinan faktor2 yang kurangin geter, posisi braket yg lbh pendek jd getaran berkurang karena gap antara kepala shock dan braket jd lbh deket, dan mungkin karena lbh pendek jg jd lebih nahan jg. Bagian depan sm belakang braket. Asumsinya kaya bgn Contoh mungkin klo ada sedotan kita tarik dengan jarak ujung dan ujung bakal ketarik tuh jd ngerenggang. Tapi klo pas nariknya deketan susah buat ngerenggang sedotannya. Itu contoh aja. 

Makanya geteran sekarang jd ilang.

Tips nya lagi. Pas pasang nih usahakan d setiap sambungan braket depan (yg bagian pipa sm yg ke step) nya di kasih sedikit greaser/gemuk buat ngurangi bunyi ngik2, soalnya motor saya kmrn gt, gara garanya d kostan kehujanan, semleman jd motor kebasahan. Trs d bagian braket belakang kan ada boss buat shock, yg didalemnya ada laher bambu tuh, sekalian di tambahin jg sedikit grease/gemuk biar shocknya lebih smooth maennya. Berasa banget loh bedanya. Sekarang..

Review 3
Setelah hampir satu bulan pake Braket monoshock dari mulai 25 Februari sampai hari ini Tanggal 26 Maret dengan segala kondisi jalanan yang saya lewatin buat sedikit menguji braket monoshock dari segi kenyamana dan keamanan, yang paling saya soroti adalah tetep masalah getar karena selalu saja da keluhan motor getar getar, nah bagi saya pribadi getaran itu ada klo kondisi CVT kotor pas awal jd kerasa banget geter seluruh body, cuman pas tarikan gas awal mau jalan doank, tapi klo udah diberishin engga ada lagi tuh yang namanya geter, dan klo pas jalan pun ga ada lagi kerasa geter geter, intinya asal bener pemasangan gejala geter Insya Allah ga ada, dan yang harus sekali diperhatikan adalah dua baut yang berada di depan di bagian pipa, kalau dipake jarak jauh dan jalann pun cenderung rusak ada baiknya selalu di kontrol karena dimotor saya bgt, dari awal pasang sampe skrng sudah beberapa kali saya cek dan bongkar2 sekedar ngecek ada baut baut yang kendor atau tidak, ada baiknya juga untuk pasang baut itu dikasih lock nut atau lem baut biar ga ada kejadian baut baut kendor., mungkin yang dirasain saya berbeda dengan yang lain karena motor setiap jumat dibawa pulang ke sukabumi dari jakarta, dan minggunya dr sukabumi balik jakarta lagi,dengan lwatin jalanan yang ga bgt bagus, jd kemungkinan baut baut jadi kendor lebih besar dari pada yang hanya pemakain dalam kota saja yang jalannya mulus mulus, selebihnya sampai saat ini ga ada kendala berarti yang saya alami,

TIPS DAN SARAN

Buat sobat semua yang sudah memakai braket monoshock ada baiknya memperhatikan hal hal berikut ini,
  • Selalu perhatikan dan cek rutin baut baut yang menempel pada braket monoshock, untuk mengecek apa ada longgar atau tidak, ada baiknya mengganti baut yang ada didepan/bagian pipa kanan kiri dengan baut yang lebih bagus full stainles usahakan nyari baut yang bukan kunci L agar lebih kuat buat ngencengiinya bisa pake Baut Probolt 12mm full stainless, memang harganya mahal tapi kualitas dan ketahannya lebih bagus, itu yang udah saya coba
  • Untuk Menhindari motor Oleng alias geol geol dalam jangka waktu tertentu setelah pemasangan, ada baiknya sediakan part engine mounting (part yang dipasangin penahan di bawah) karen apart ini mendapatklan tekana yang lebih dari pada kondisi normal sehingga kemungkinan kerusakan part ini akan lebih cepat, dan dikarenakanm part ini jarang ada juga di bengkel ada baiknya untuk menyediakan buat jaga jaga., 
mungkin hanya sgitu dulu review dari saya, kedepanya klo ada lagi akan saya update

No comments:

Post a Comment