Wednesday, August 16, 2017

DETEKSI GEJALA AKI SOAK/RUSAK- PENGARUH KETARIKAN BRO...

Assalamu'alaikum , Sobat X-rider Indonesia, baru smepet lagi nih posting diblog karena kesibukan yang sangat teramat jd susah buat luangin waktu isi blog lagi, oke kali ini saya akan membahas lagi masalah aki nih, ya akki sebagai sumber "tenaga" di motor menjadi sangat vital untuk motor injeksi karena sudah pasti jika aki soak maka motor bakal ogah jalan, atau pas di jalan malah terasa endut-endutan , ini yang saya alami beberapa waktu lalu, awalnya sih ga mengira kalau permasalahan nya itu ada di aki, so secara voltage aki masih cukup baik masih di atas 12volt dipakai aki "warna kuning", dan lampu2 pun masih nyala normal, kecuali klakson yang emang bermasalah waktu itu, dan kendala yang saya hadapi adalah ketika jalan dan gas kadang-kadang tarikan gas langsung kurang di tengah-tengah kaya kurang bensin/kekurangan udara, mengep di tengah lagi tarikan enak, berulang kali sperti itu, dugaan pertama saya da masalah ni di sistem injectionsnya ya sudah saya coba bersihin dan fix segala macem kemungkinan dari mulai TB, Injector, saluran udara semuanya di bersihin namun hasilnya masih tetep nihil, langsung deh kepikiran apa penyebabnya dari fuelpump yang bermasalah atau filterfuel pump kotor lagi atau ada endapan, karena memang sih x-ride nya jarang dipake karena sering di tinggal dan jarang ada yang hidupin dirumah. 

hemm.. semua kemungkinan saya pikirin, sampai berencana beli Injector baru dan Fuelpump baru, karena mungkin saja memang dari sana, namun sebelum niat beli ada kejadian yang bikin dugaan lain muncul, waktu pasang lampu hazard ko lampunya tuh malah redup banget liat aki voltase nya masih oke, dan begitu dikontak ada bunyi dari tangki putus putus yang biasanya "ngungg" panjang ini pendek berkali kali. ga lama lampu MIL mulai menyala, dan motor pun ogah nyala diselah-selah juga ga mau, ya udah deh tak coba ganti aki bawaan yang udah lama ga dipake, eh ces pleng langsung nyala cuman tetep masalahnya pas pertama dinyalain ga mau langsung nyala kudu bekali kali di distarter dan buka gas baru deh, mungkin karena terlalu lama g dipake jadi voltasenya kurang bagus, but saya coba dipake jalan , wihh tarikan yang sbeleumnya sering "ilang" di tengah pun lenyap.  wah kayanya emang ni masalahnya di aki  yang bikin fuelpump kembali bekerja ga seperti semestinya. kasusnya sama juga kaya pernah saya posting cuman lupa postinganya kapan hahaha. dan buat ngeyakinin klo emamng masalahnya di aki sebelum beli injector dan fuelpump saya pun beli aki baru lagi dengan spek yang sama juga. dan iya langsung terasa bedanya, ya karena voltase yang mengalir lebih normal, "oh iya saya juga lupa, pada saat ganti aki bawaan, saya pasangin xcsr dan memang di situ kendala yang dialami yang itu tuh endut2 ilang, mungkin karena listriknya jadi stabil makanya ilang".

oh iya sebelum aki diganti saya iseng2 goyangin akinya, ada yang aneh memang aki yang dipasang sbelumnya ko koclak kaya ada cairan didalemnya padahal itu kan pake GEL tapi ko koclak, dan badingin dengan aki bawaan dia ga koclak, apalagi degan aki yang baru yg GEL jg ga ada juga tuh koclak di dalem aki, wah berarti memang aki nya selama ini bermasalah,. cuman sayangnya tidak terpantau, karena saya hanya pantau voltmeter saja liat tegangan aki masih bagus, dan masih bisa di starter, tapi rupanya ada kerusakan lain yang bisa saja terjadi di dalem aki, bisa karena berbagai kemungkinan, mungkin dari voltas keliatan memang masih bagus tapi bgt dpake jalan karena daleman komponenya ada yang bermasalah sehingga bisa mengakbatkan tegangan aki jadi ga stabil, maka akhirnya motor pun jadi endut2 karena suplay listrik yang seharusnya satbil ke fuelpump malah terhambat, ya mungkin ini satu dari kejadian yang pernah sobat semua alami, karena untuk kerusakan aki spertinya harus di ukur dengan alat kaya yg ada di Planet Ban, ga bisa harepin 100% dari voltmeter yang kita pasang, dan kita jg ga bakal tau klo volmeter yang kita pasang masih bagus atau udah erro, semoga kejadian yang saya alami bisa membantu memberi solusi buat sobat semua. 

No comments:

Post a Comment