Thursday, May 4, 2017

Error Code 24x Yamaha X-Ride Sensor O2 Bermasalah

Oke Sobat X-rider Indonesia Sudah lama saya tidak mengisi postingan di blog ini ya karean kesibukan dan ga sempet untuk mengisi artikel terkait x-ride, ok deh kali ini saya akan bercerita tentang Error 24 di Xride yang baru saja saya alami, tepatnya hari senin ketika perjalanan pulang dari Sukabumi ke Jakarta pas berada di cibinong tiba tiba lampu MIL nyala, dalam hati waduh apalagi nih masalahnya padahal ga ada oprek oprek sebelumnya,, hemmm mulai berfikir dan minggirin motor karena takut terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan seperti 4 bulan lalu motor mati ga bisa nyala akibat kerusakan dari ECU dan lokasi masalah ga jauh jauh dari kejadian 4 bulan lalu.. setelah motor minggir lalu saya mulai menghitung kode error yang keluar, entah karean cape atau karena udah panik waktu itu yang saya itung code errornya berjumlah 33x atau 3 kali panjang dan 3 kali pendek yang berarti ada kerusakan atau masalah di sekitaran KOIL, langsung saja saya cek area koil iya emang ada sedikit masalah di koil racing yang saya pakai kabelnya agak goyang mungkin karena getaran jd kabelnya ga nempel sempurna makanya keluar error tersebut dan sempat berfikir juga karena cop busi yang rusak, di sepanjang jalan difikirin sebab kemungkinan masasalahnya, dan selama perjalan pulang ke jakarta pun kecepatan motor langsung di turunin ga ngotot bawa kenceng lagi cukup 40-60kpj saja karena takut terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan.

ya setelah sampai di jakarta malemnya saya mulai bedah itu motor mulai dari ganti KOIL racing yang terpasang plus cop businya dengan standarnya lagi, lalu motor di konekkna dengan Ydiag ke laptop, sayangnya dialat yang saya punya tidak terditeksi error tersebut hanya ada intruksi clear Value saja dan itu pun tidak bisa di "action" atau di hilangkan errornya , lampu mil pun terus kedip kedip, waduh cobaan apalagi ini apa si rx-robo ngambek karena saya beli aerox 155 hihihi.. beberapa hari dipake dengan rasa ragu walaupun tarikan motor ga kurang sama sekali namun konsumsi bensin super zuper borosnya klo di hitung mungkin ada sekitar 20km/L malah kurang lagi. tadinya saya mau bawa langsung ke BERES namun smentara saya urungkan niat itu dan mulai cek lagi sendiri dan ternyata setelah saya hitung lagi MIL nya ternyata kode error nya itu 24  bukan 33, yang berarti ada masalah di sensor O2, setelah makan siang di kantor langsung saja saya bongkar dan perhatikan sambungan kabel dari O2 tersebut dan benar saja ternyata socketnya lepas , nah hal ini lah yang menyebabkan lampu MIL menyala dan kalau dibiarkan motor bisa bener bener "mati" karena jika sensor O2 ini tidak terdeteksi atau bahkan rusak maka suplay bahan bakar yang masuk ke mesin dan di semprotkan oleh injector jadi ngaco secara otomatis mesin ecu akan memproteksi sehingga motor mati, dan biasanya juga karena spulay bahan bakar jadi ngaco mesin motor jadi lebih cepet panas nah hal ini yang jd faktor utama motor mati. terus apa saja sih penyebab eror 24 ini,
  • Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi hubungan pendek
  • Sensor  oksigen rusak
  • Connector sensor tidak terpasang sempurna
selain hal tersbut diatas penggunaan resistor di sensor O2 pun bisa jadi penyebabnya, jika resistor mati maka error 24 akan muncul, jika sudah muncul error 24 tersbut segeralah ganti resistor yang terpasang di sensor O2, faktor penyebab lain adalah karena konslet ini yang bisa menyebabkan sensor mati, yang lainya adalah socket terlepas klo ini bisa karena pas bongkar lupa ngencengin jadi pas dipake sensor kelepas.. sensor o2 termasuk sensor yang usia pakainya cukup lama tapi tidak menutup kemungkinan sensor ini akan rusak , untuk pembahasan sensor o2 sendiri nanti akan saya bahas di artikel lainnya karena di sana akan saya bahas juga segala macam yang berkaitan dengan sensor O2, seting CO, dan perbedaan suhu/cuaca di daerah yang akan mempengaruhi kinerja motor, penasaran???? tunggu aja artikel saya selanjutnya,

No comments:

Post a Comment