Sunday, June 5, 2016

Review Racing Koil Kawahara nambah vitamin pengapian

Kali ini saya akan meriview vitamin pengapian di xride nih sobat biar tarikan motor lebih mantap, bukan tanpa sebab saya menambah vitamin buat pengapian ini, ya karena rx-robo udah naek 125cc dan dirasa masih kurang di sektor pengapiannya. Vitamin pengapian yang saya pake ada dua yaitu koil racing kawahara dan busi bosch iridium , ya walaupun busi iridium udan saya pake sih, tapi biar lebih mantap tak tambahin deh koil kawahara biar pengapian lebih baik. Wlpn sempet ragu sih pake koil racing mengingat mesin injeksi itu sangat "sensitif" kalau ada penambahan part berkaitan dengan kelistrikan tapi karena ini khusus injeksi sepertinya bakal aman,hahaha . Dari pada penasaran yah tak cobain aja.








Ada sedikit permasalahan dalam pemasangan koil racing ini karena ukurannya lebih besar dari standar jadi harus sedikit akal akalan biar pas posisinya apalagi pas mau ngencengin baut asli susah banget, Tapi akhirnya kepasang juga wlpn hampir 1jam biar pas kepasangnya.  

Terus gimana nih kerasanya abis ganti koil kawahara ini???. 

Yang drasain pertama pas starter lebih gampang nyala dari sebelumnya, dan tenaga pun kerasa lebih ngisi ya mungkin karena pembakaran jadi lebih baik jadinya ga ada bahan bakar yang terbuang percuma pada saat proses pembakaran di dalam mesin. Dan efek lainnya setelah pake beberapa hari ini terasa bahan bakar pun kayanya sih lebih irit dari sebelumnya pokoknya mantap deh. Ga percuma ngeluarin uang 300rebuan buat beli koil plus busi bosch iridium di mesin rx robo blue core 125cc terasa ada peningkatan. Terus gimana efeknya buat mesin standaran??? Kata yang jual sih efeknya sm aja kaya di mesin bore up efisien d bahan bakar dan menambah tenaga motor karena pengapian semakin baik. 

Update. 18 sep 2016.
Karena mesin motor sudah naik lagi jadi 132cc dan sekitar 1-2minggu masih pake koil kawahara, karena rasa penasaran saya pakein lagi rx robo pake koil standar karena saya rasakan masalah disector pengapian (motor susah d starter dan rada brebet) entah dr mana asalnya sampai sampai cop busi pun ganti baru hanya beberapa hari ada perubahan sisanya motor ga enak lagi susah d starter dan brebet makanya saya pakein koil standaran, ketika balik ke koil standaran maslah itu hilang, tapi usut punya usut ternyata bukan masalah di koil nya tapi ada maslah dikabel koil yang nembel ke koil kabel koil nya longgar jadi kemungkinan pada saat jalan tuh kabel putus nyambung makanya tarikan motor brebet dan susah d stater ya jelas aja gimana mau bisa distater klo kabel nya lepas, karena sbelumnya tu kabel emang saya lapisi lagi sm solasi bakar, nah keslahanya adalah pada saat naik cc solasi bakarnya kelepas sehingga tuh kabel jadi longgar terus timbul deh maslah. 

Nah setelah balik ke koil standaran yang saya rasakan klo tenaga sih masih enak ya karena emang cc udah lebih gede cuman untuk konsumsi bahan bakar lebih boros, biasanya perjalanan sukabumi-jakarta atau jakarta sukabumi ga pernah isi bensin ditengah jalan udah 2 minggu ini selalu isi lagi ditengah jalan padahal sblm berangkat selalu isi full tank. Ya lumayan sekali jalan jadinya abis 40ribuan yg biasanya cmn 20-25rb aja. Perbedaannya cukup jauh. Dan kondisi busi pun yang tadinya merah bata alias pembakaran sempurna cek kemaren dicek busi malah jadi item, wajar aja motor jadi kurang bertenaga dan bensin boros. Percobaan ini saya lakukan buat kasih perbandingan koil kawahara dan koil standar . sbg review buat sobat yang banyak tanya d message fb dan BBM tentang koil KAWAHARA. 

4 comments:

  1. buat motor new cb150r menggunakan koil kawahara dan busi iridium NGK mntap gak bang??

    ReplyDelete
  2. Saya pakai busi brisk AR12ZS mau ganti koil kawahara apakah baik om? Resiko yang bakal dihadapi apa aja?

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete