Monday, February 29, 2016

GANTI ENGINE MOUNTING CEGAH X-RIDE GOYANG DUMANG.

Mungkin sebagaian pengendara X-ride pernah merasakan motor pada saat di tunggangin berasa goyang di bagian belakang papalgi klo pas manuver ditikungan dan jalan rusak kerasa banget goyang dumangnya motor kerasa limbung apalagi klo dipake bonceng yang berat bakal kerasa banget bantingannya,, 

klo goyang dumang sih bikin hati senang lah ini goyang di motor bikin hati was was , 

Lalu apa sih penyebabnya motor bisa goyang goyang pada saat dipake riding???

Penyebab Utamanya adalah Engine Mounting yang sudah mengalami ke ausan atau bahkan pecah, lalu ada diaman sih letak engine mounting itu, nih buat yang belum tau engine mounting itu terletak d antara mesin dan rangka, yang gunanya untuk meredam guncangan maka wajar saja klo kondisi engine mounting sudah tidak bagus maka getara di motor kita akan sangat berasa.  

biar lebih jelas silahkan liat di bawah letak engine mounting di motor x-ride, yang ni 5 itu lah letak engine mounting.

penggantian engine mounting ini tidak ada standar kapan/berapa lama usia motor harus di ganti, kalau motor udah kerasa goyang dumang harus cek deh komponen ini, cara ceknya cukup mudah ko tinggal tengok aja di bawah rangka keliat jelas tuh karet engine mounting masih bagus apa engga nih kaya motor saya contohnya engine mounting sudah aus keliata sekali ada celah besar antara mesin dan karet engine mounting ke  rangka nya. 


 kalau sudah sperti di atas yah ga ada kata lain selain ganti baru, untuk penggantian Engine mounting ini bisa saja ganti dengan bawaan/aslinya xride , harag cukup murah ko bisa di cek dipart katalog cuma 5ribu saja, jd kalu 2 cukup 10 ribu, , nah untuk pemasangannya sendiri mending di serahin aja deh sama bengkel soalnya lumayan susah harus ngelepas rangka dari mesin dan pengerjaanya pun cukup lama, yah paling kena sekita 45ribuan buat jasanya , tapi kalau mau bongkar sendiri sih gpp asal lengkap aja Kunci kuncinya, nih kaya yang saya kerjain di bantu sm Bapak buat buka baut baut nya karena emang cukup kenceng ga kuat saya sendiri bongkarnya.  bisa di simak deh foto foto yang sempat di abadikan pas pemasangan kemaren 









bisa di bandingkan kan perbedaannya posisi engine mounting setelah diganti dan belum di ganti. dan yang pasti setelah ganti egine mounting ini kerasa banget bedanya, sebelum motor di ajak jalanpun udah beda, pasalnya sebelum ganti engine mounting motor saya kalau di standar sampin di goyang-goyang aja tuh anata rangka sama mesin tuh udah ga enak lah, tp bgt di ganti digoyang goyang rangak sama mesin sama arah goyanganya.., cieee kaya dangdutan aja yah goyang terus, hahahah..

test drive, dari hasil uji coba setelah mengganti komponen ini, tidak ada lagi yang namanya getaran, baik pada saat motor di nyalakan mesin pas motor di standar tengah( biasanya sih geter geter gitu) , dan di pake riding pun lebih enak , manuver pun udah ga ngebanting lagi, seperti sebelumnya. pokoknya ajib banget dah,, buat tes ride lainnya tunggu updatetan lagi.


CATATAN PENTING: 
Pada saat mengganti komponen engine mounting perhatikan juga Kondisi Dumper di nomer 10, jika kondisi dumper sudah tidak bagus maka sangat di saran kan sekalian ganti biar ga dua kali bongkar, karena akan percuma jika sudah ganti engine mounting tapi dumper ga diganti. 



posisi dumper yang ada di bawah engine mounting 


**Update : setelah melakukan beberapa uji coba ternyata pemakaian engine mounting kawahara menimbulkan efek getara yang kencang ke motor pada saat motor mulai di gas dan getaran motor hanya sedikit hilang pada saat motor berada di kecepatan 60kpj ke atas, walaupun yang sudah dirasakan memang motor lebih stabil pada saat menggunakan engine mounting kawahara , walaupun motor membawa beban berat pake top box motor lebih stabil ga goyang sama sekali namun karena ada efek negatif yaitu getaran, saya tidak merekomendasikan menggunakan engine mounting kahawara, Mohon maaf bagi para pembaca yang mungkin sudah mencoba menggunakan engine mounting kawahara dan menimbulkan efek yang sama,  demi keyamanan maka postingan saya edit, terima kasih

15 comments:

  1. Info dunk Engine mounting kawahara buat xride bisa didapatkan dimana ya? Lagi cari2 adanya yg buat mio euy...

    ReplyDelete
  2. Info dunk Engine mounting kawahara buat xride bisa didapatkan dimana ya? Lagi cari2 adanya yg buat mio euy...

    ReplyDelete
  3. Info dunk Engine mounting kawahara buat xride bisa didapatkan dimana ya? Lagi cari2 adanya yg buat mio euy...

    ReplyDelete
  4. Info dunk Engine mounting kawahara buat xride bisa didapatkan dimana ya? Lagi cari2 adanya yg buat mio euy...

    ReplyDelete
  5. Info dunk Engine mounting kawahara buat xride bisa didapatkan dimana ya? Lagi cari2 adanya yg buat mio euy...

    ReplyDelete
  6. Sama aja mau pake yang mio juga, karena buat x-ride emang ga ada

    ReplyDelete
  7. Sama aja mau pake yang mio juga, karena buat x-ride emang ga ada

    ReplyDelete
  8. Kalau di mio smile itu no10 adalah bearing. No5 stopper main stand, no6 collar

    ReplyDelete
  9. Klu motor saya saat jalan terasa bergetar tp kadang getarnya hilang. Apa kerusakannya?

    ReplyDelete
  10. kalo diganti sistem engsel(dimodif) gimana bang

    ReplyDelete
  11. Terlanjur beli kawahara dan getar banget 👎

    ReplyDelete
  12. Ralat ! Yg kawahara bisa lebih enak dr yg original asal pemasangan jangan pake bos besi tengah bawaanya polos aja langsung .tp harus beli mur 12 lg 2 biji untuk mengencangkan dobel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belinya d'mana mas.harga buat xride brapa y?thank's

      Delete
  13. Nyari karet link engine hanger kawahara dmna y gan?

    ReplyDelete
  14. tnya dong engine mounthing mio & x ride sama gak?

    ReplyDelete