Saturday, December 12, 2015

Open Filter Yamaha X-Ride aman Offroad Lewatin Sungai dan Banjir

Bagi yang Hobi offroad dan lewatin sungai pasti bakaln jadi kendala klo pas offroad lewatin sungai karena sudah pasti bagian filter akan terendam air dan sudah pasti yang namanya filter terendam air akan mempengaruhi performa dari tunggangan nya, air akan masuk kedalam filter dan selanjutnya akan masuk ke yang namanya trothel body dan tarikan pun bakalan brebet dan lebih parah bisa masuk kemesin sudah pasti ini akan merusak mesin, kali ini saya ada tips dan tutorial buat bikin OPen Filter biar motor klo dibwa offroad lewatin sungai tetap aman tipsnya saya dapet dari kang Ivan Davantri pemilih CiSH (Cibinong Speed House), oh iya selain buat offroad juga tips kali ini bisa juga di aplikasiin buat ngelibas jalanan yang banjir apalagi sekrang lagi musim musimnya hujan dan di jakarta banyak jalanan yang banjir  kalau hujan ya yang saya sempet alami juga sampe kerendem CVT gegara banjir,so tips kali ini bisa juga di aplikasiin buat musim hujan dan lewatin banjir biar maotor tetap aman sentosa lewatin air. oke langsung aja nih apa aja sih yang harus di persiapin buat bikin open filter ini. cekit out.

pertama yang harus di persiapin adalah Karet Shock buat KLX atau sejenisnya, terus kenapa pake Karet Shock breaker bukan pake selang mesin cuci, yah karena penggunaan karek ini lebih awet dibanding selang mesin cuci, nah buat harga karet Shosckini kirasan harga 35ribuan saja



selain karet Shock siapin juga klem pipa yang funsinya buat ngencengin Karet Shcok tadi ke Trothle body, untuk klemnan snediri bisa di cari ukuran sesuai ukuran mulut dari Trotle body kira kira 1 inc. harga klem kaya bgn sekitar 5ribuan.
Nah yang ga kalah penting banget dan paling penting deh yaitu Filter model jamur agara nanti bisa di simpen di box motor, udah pasti ga bakal bisa pake filter bawaan klo udah nerapin open filter kan. hhehehe. buat harga filter model jamur kaya bgn sendiri bervariasi mulai dari 35 ribuan ke atas yah tinggal di pilih pilih aja sesuai budget nya. 



klu udah bahan bahan dibeli tinggal deh eksekusi, bongkar box filter bawaan dan lepasin dari motornya, selanjutnya tinggal pasangin deh kaya gamabr dibawah, bagian atas dari Karet Shock di pasang di Uung Trotle body nya selanjutnya di kencengin pake Klem , dan bagian bawah dari karet shock di pasangin filter model jamurnya, jangan lupa kencengin juga yah klemnya. 




selanjuntya adalah keberanian buat bolongin box motor, karena apa klo ga di bolongin box ini percuma saja filter ga bakal aman dari air , dan ini adalah cara yang udah banyak diaplikasiin dari para penghobi offroad, buat bolonginya bisa ko cumja pake pisau doank, dan bolonginya cukup seukuran karet shocknya aja yah jangan terllu gede gede. liat aja di gambar. 



nah kalau udah seperti itu udah aman deh filter dari air, dan jangan lupa juga tuh buat pasangin karet shock satunya lagi di lubang hawa yang ada di CVT biar air ga masuk ke cvt, 

dan selesai sudah pemasangan open filter dan motor pun siap buat dipake offroad lewatin sungai dan banjir pun aman. terus bagaimana performa nya buat motor tarikan masih enak apa engga, kalau menurut kang ivan sih tarikan masih enak bahkan buat motor strandar. saya juga lagi siapin bahannya nih buat nyoba . 

nah kalau foto di bawah ini punyanya kang Fahmi Grafi yang udah open filter juga modelnya ga sampe bolongin box di motor tari seperti ini. yah sebagai gambaran aja model mana yang mau di aplikasiin



CC: Ivan Davantri - CiSH (Cibinong Speed House)


4 comments:

  1. gan numpang tanya. karet shock yang dari throttle body kan ke larinya ke filter di bagasi,trus yang dari cvt itu larinya kemana? thx

    ReplyDelete
  2. Suhu yg lobang hawa cvt yh kmna lari yah
    Ane binggung bls pliiis hehe

    ReplyDelete
  3. Kang itu yang filter cvt cara masang karet nya gimana?

    ReplyDelete