Friday, October 3, 2014

Mengatasi Oli rembes di CVT


Salah satu penyebab tarikan motor matic kesayangan anda menjadi loyo mungkin saja bisa di sebabkan karena Seal Kruk as bocor yang menyebakan adanya rembesan oli di CVT , hal ini pun menimpa motor kesayangan saya si RX-ROBO sudah beberapa minggu ini tarikan motor kurang maksimal padahal selalu rutin melakukan perawatan, begitu di cek ternyata ada rembesan Oli di area Primary Sheave awalnya saya mengira ini sisa sisa carian pembersih yang sering di gunakan pada saat membersihkan CVT tapi setelah di pikir-pikir lagi  cairan yang saya gunakan itu tidak mengandung Pelumas, pada saat itu engga ke pikiran kalau seal kruk as yang bocor dan saya hanya melakukan pembersihan biasa saja, dan tidak berapa lama tarikan motor kembali engga enak saya pun bongkar kembali cvt dan ternyata ada lagi rembesan oli begitu di cek ternyata semakin banyak rembesannya dan dugaan saya langsung ke Seal Oli sudah pasti yang bermasalah , dugaan saya semakin kuat setelah ngobrol dengan Bro Van D Razcal salah satu pengurus XYI NASIONAL yang pernah mengalami hal yang serupa.

Remebesan oli di cvt ini bisa menyebabkan Komponen CVT tidak bisa bekerja masimal karena remebesan Oli masuk ke dalam rumah Roller yang membuat kinerja roller terhambat akibat kotoran yang becampur dengan Oli, dan rembesan oli ini pun masuk ke area Pulley yang menyebabkan Slip, seperti yang kita ketahui untuk area di CVT ini tidak boleh sama sekali terkena zat zat yang mengandung pelumas karena akan membuat tarikan menjadi Slip. 


lalu bagaimana cara mengatasinya??? 

gampang ko tinggal bawa saja ke beres dan minta ganti Seal Kruk as, Untuk mengganti komponen ini kita cukup mengeluarkan uang 7500 sesuai harga di website yamaha dan mengganti Oli mesin dan engga lupa pasti biaya jasa pemasangannya , mungkin biayanya bisa kena 100ribuan. 
list harga dari web yamaha Indonesia

nah buat yang mau ganti sendiri saya kasih sedikit Tutorialnya dan silahkan persiapkan peralatan tempur dan komponen penggantinya !!!

yang harus di persiapkan pertama kali adalah komponen penggantinya yaitu Seal Oli Kruk as yang bisa di beli dengan Harga 7500 , lalu jangan lupa beli juga Oli mesin karena kapasitas Oli mesin sudah pasti berkurang, dan yang tidak boleh di lupakan adalah persipakan juga Kunci-kunci untuk membongkar CVT dan carian pembersih, kalau saya lebih senang menggunakan carian yang biasa di gunakan untuk membersihkan Injector karena tinggal semprot dan sisa-sisa Oli langsung rontok. 

Untuk Kunci - kunci yang harus di sediakan sbb:

  • T8
  • T10
  • Kunci Shock 17mm 
  • Kunci pas 12 mm (Untuk Mengganti Oli)
  • Tracker pembuka Pulley ( Jika ada)
  • Oben Mins 
  • Tang
Perlengkapan lainnya :
  • Lap bersih (Untuk Membersihkan Sisa Oli)
  • Contact Cleaner / cairan pembersih lainnya
  • Oli Mesin (jika kapasistas Oli mesin Berkurang lakukan penggantian Oli)
  • dan yang paling penting adalah Seal Oli yang mau di ganti 

Langkah Kerja :
yang harus di lakukan pertama kali adalah membongkar CVT seperti yang tutorialnya sudah yang posting DI SINI

Setelah komonen CVT di bongkar kita Fokuskan pengerjaan ke bagian crangcase/blok mesin sebelah kiri yang bocor tadi. disini bisa kita lihat rembesan oli mesin .


Oli rembes di bagian bwah crangcase
Oli yang rembes masuk ke Rumah Roller 

Step 1 : 
yang pertama kali harus di lakukan adalah  Buka baut block cover carangcase dengan menggunakan Kunci T 8 ada7  baut di sana, 2 baut panjang dan 5 buat pendek 


setelah baut di buka semua tarik secara perlahan cover penutup Cruk as , 
setelah kompnen ini terlepas selanjtnya adalah melepaskna seal oli dengan menggunakan obeng Min





Cover Crangcase/ penutup Kruk As 

Bagian luar Seal Oli yang sudah Jelek 
Bagian luar Seal Oli yang sudah Jelek 

Untuk Membuka Seal Oli ini bisa menggunakan Obeng Minus atau di tekan pun bisa karena kompnen ini tidak terlalu susah untuk membukanya

Selanjutnya jika Seal Oli sudah terlepas dari bagain Cover Crangcase Kruk as, Lap dengan kain bersih bagian Lubangnya agar sisa Oli yang rembes Hilang dan tidak menimbulkan efek yang serupa (Bocor Dikemudian Hari) ,


Kana Sela oli baru , Kiri Seal Oli lama 
Jika Seal Oli sudah di lepas , selanjutnya tinggal pasang seal Oli yang baru Cukup Menekan dan ratakan dengan Lubang yang ada di Cover Kruk as, pada pengerjaan ini tidak perlu menggunakan alat bantu cukup ratakan dengan tangan saja. 


Seal Oli baru sudah terpasang

 Mumpung lagi di buka sekalian Kuras Oli mesin

Langkah Selanjutnya adalah melepas PIN yang menempel di as Kruk as agar mempermudah pemasangan Cover Crangcase yang sudah di ganti Seal Oli nya, caranay gamapang ko cukup tarik saja pake tangan, jangan lupa setelah terlepas lap juga bagian pin ini dengan kain bersih.


Pin As Kruk as 

 Setelah terlepas kemudian pasang PIN ditengah tengah Seal Oli yang sudah di pasang tadi


 Setelah PIN terpasang, selanjutnya pasang kembali COver Crangcase Kruk as ke posisi semula ,

Jangan lupa Lap Sisa sisa Oli yang berada di Carangcase CVT untuk mengindari Oli nyiprat ke pulley 

Lalu  pasang baut nya lagi , Ingat Posisis Baut yang panjang di taruh di bagian kiri paling atas dan bagian bawah paling kanan .
 Jangan lupa Juga Untuk Membersihkan Komponen Pulley Rumah Roller dengan menggunakan kain bersih dan Alkohol untuk Menghilangkan Sisa sisa Oli yang masuk ke area ini .




Setelah baut Cover Crangcase di pasang dan Pulley di bersihkan lalu rakit kembali CVT , Jangan lupa untuk mengganti Oli karena sebelumnya Oli mesin sudah di keluarkan .

FINISH Proses penggantian Seal Oli Selesai dan Motor Siap diajak jalan lagi . dan yang pasti tarikan akan kembali seperti semula 

*** Setelah Oli Di ganti kemudian saya masukan lagi Oli yang di tampung, bisa di lihat di botol Oli ada pengurang beberapa ml , Untuk Penggantian Seal Oli cepat dilakukan kalau tidak kemungkinan besar akan merusak mesin karena kapasista oli di mesin berkurang, So Berhati-hati lah. Cek Kondisi motor Kesayangan anda secara Rutin , Apalagi jika Motor Selalu diajak "kerja keras" , dalam Kasus Motor Saya Seal Oli remes karena kondisi jalan ke tempat kerja sangat jelek dan banyak tanjaka lumayan curam , sebelumnya sudah Feeling kalau sering begini pasti motor akan bermasalah, karena sebelum menggunakan X-ride nasib yang hampir serupa menimpa motor Kesayangan saya MIO , Oli gardan bocor . 

7 comments:

  1. Penyebab seal oli yg rusak apa om, jika pemakaian normal & mesin std?

    ReplyDelete
  2. Penyebab seal oli yg rusak apa om, jika pemakaian normal & mesin std?

    ReplyDelete
  3. Mantap...ternyata simpel juga yah...
    Lagi belajar ganti laher roda blk,laher puli dan laher tranmisi....
    Mudah mudahan ada artikel lanjutannya

    ReplyDelete
  4. Kode dan ukuran bearing kruk as aerox 155 berapa gan

    ReplyDelete
  5. omm faiz,, mungkin gak kalo ane udah ganti sealnya terus gak lama bocor lagi, apa iitu karena ane pasang cover krukas nya gak cabut pin-nya dulu?
    soalnya sering bgd ane ganti, dan gak lama bocor lagi, bocor lg..

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Sama dengan motor aeroox saya oli netes di selang pembuangan blok mesin,pengaruh tarikan nya agak berat ga sama seperti biasa, akibat nerobos banjir

    ReplyDelete