Friday, April 25, 2014

"Experiment" Modifikasi Fillter udara X-ride Menggunakan Busa

Standarnya Filter udara X-ride menggunakan tipe kertas, Fillter kertas ini mempunyai bahan lebih tebal sehingga tidak cepat rusak saat menyaring udara. Untuk membersihkannya juga mudah, tinggal semprot dengan Kompresor dari arah berlawanan dengan arah udara masuk. Idelanya kalau sudah kotor yah harus di ganti baru dan pengantian perangkat ini biasanya setiap kelipatan 8.000 km. 

Tapi jika ingin berhemat untuk mengganti filter standar dan ingin coba-coba dan berexperiment seperti saya untuk merasakan tarikan yang sedikit berbeda di tunggangan anda tidak ada salahnya jika kita berubah filter standar dengan menggunakan busa, cara ini sebelumnya sudah di gunakan oleh Bro Yodhie dari XYI Tangerang Region , bro Yodhie memodifikasi Fillter bawaan Si Rambo a.k.a X_ride miliknya menggunakan Busa fillter dari motor Supra yang harganya cukup murah dan bisa di tebus dengan Harga 10ribuan saja, dan menurut pengakuannya, dengan mengganti fillter yang tadinya kertas dengan busa, tarikan Si rambo jadi lebih bertenaga, dan dari situlah sayapun penasaran ingin mencoba juga bagaimana kalau fillter standar diganti dengan menggunakan busa. 


Berbeda dengan Bro Yodhie, kali ini saya tidak menggunakan Fillter busa Supra, tapi memanfaatkan limbah busa dari bekas packingan batre laptop dan untungnya memiliki kerapatan yang lumayan padat, hampir mirip seperti busa di filter cvt X-ride , yah namanya juga berExperiment jadi saya hanya memanfaatkan saja barang yang ada di rumah, tapi untuk anda yang ingin mencoba di sarankan menggunakan Filter dari motor Supra saja yah... hehehehe... 

Oke deh langsung saja ke cara pengerjaannya : 
Pertama-tama tentunya anda harus membeli dulu busa filtter dari motor supra dan melepaskan dahulu Filter X-ride dari Box filter, Jangan lupa juga menyediakan Cutter dan gunting  untuk memotong kertas fillter dan menggunting Busa filter, dan jika ada sediakan juga lem tembak. agar pada saat fillter busa ter pasang tidak lepas. untuk langkah pengerjaan silahakn liat gambar di bawah ini. 



  •  Potong bagain kertas di dalam fillter x-ride menggunakan Cutter sehingga tersisa 1 baris fillter kertas, dan bersihkan semuanya dari  sisa potongan kertas. 


  •  Potong Busa fillter mengikuti bentuk dari filter x-ride speeti gamabar di bawah, untuk experiment saya menggunakan 2 lapisan busa agar debu yang masuk bisa tertahan lebih maksimal.



  •  setelah busa di potong sesuai bentuk dari fillter X-ride selanjutnya kita pasangkan busa tersebut di fillter x-ride dan jika ada tutup bagain pinggir dari antara fillter dan busa menggunakan Lem tembak, hal ini saya lalukan agar busa tidak terlepas. 


  • Jika proses pengerjaan sudah selesai tinggal di uji coba.
HASIL UJI COBA
Setelah mengganti fillter menggunakan busa, tarikan motor terasa sangat berbeda, padahal sebelumnya motor saya sudah menggunakan fillter after market Merk F**** yang tarikanya cukup lumayan , pada tarikan awal sangat nyaman begitu juga tarikan atasnya berbeda sekali tarikan motor saya , yahhh yang saya rasakan tadi akselerasi motor lebih responsip dari sebelumnya, memang untuk merasakannya perbedaannya harus mempunyai Feeling yang kuat, dan dari yang saya rasakan tadi mengganti fillter standar dengan menggunakan busa lebih enak dari pada fillter yang standar atau fillter merk lain, Ini pendapat saya lohh... mungkin akan berbeda dari pendapat yang lebih ahli.  Semua penilai dan kenyaman kembali lagi pada anda.  kalau ingin mencoba tidak ada salah nya,

Tapi perlu di ingat dari beberapa website tentang motor yang saya baca penggantian Fillter Kertas dengan menggunakan Busa ini memiliki beberapa resiko karena partikel debu akan lebih cepat masuk ke dalam filter di bandingkan dengan menggunakan tipe kertas dan buat lengkapnya bisa Anda baca di SINI











3 comments:

  1. ijin nyontoh praktek Brow.., bisa buat ganti2 saat musim hujan pakai modif filter.. musim debu/panas pake orinya...suwun bro..keep posting good trik nya yaa..salam..

    ReplyDelete
  2. Kini ku tahuuuuuu. Thanks brother, for letting us know. ;)

    ReplyDelete
  3. Kalau diolesi oli depannya gmn bro

    ReplyDelete