Saturday, December 27, 2014

Meningkatkan Akselerasi X-ride dengan Secondary Roller Part 2

Kalau postingan sebelumnya ngebahas tentang Secondary Rollernya , nah postingan ke dua ini akan ngebahas cara pasangnya kalau mau pasang sendiri dirumah, nah untuk pemasanganya memang memerlukan keahlian khusus dan perlatan peralat khusus agar pada saat membuka dan memasang kembali komponen secondary Sheave engga ada kesalahan. 

Yang harus di siapin adalah Kunci-kunci dan Special tool CVT , ada dua Special tools yang di pake tracker CVT dan Kunci Ring 24mm Untuk Ngebuka mur Di seconday Sheave , untuk Tracker CVT Sendiri bisa di beli dibengkel khusus kunci-kunci waktu itu saya beli di otista jakarta timur , disana banyak banget bengkel yang jual perlatan khusus motor, dan untuk masalah harga ga terlalu mahal beli dua alat itu (tracker CVT dan kunci mur 24mm) cuma 135rb saja. alesan beli di jakarta soalnya di Sukabumi ga ada yang jualan. 

Langsung aja ke cara pemasanganya deh, dan persiapan alatnya, semuanya ga jauh beda dari postingan terdahulu tentang cara bongkar CVT Sendiri, dari pada susah ngeklik lagi nih di Repost semuanya. 
Berikut ini kelengkapnya :
- kunci T 8mm, (untuk membuka cover saringan udara dan blok cvt)
- Kunci T 10 mm ( untuk membuka Cover saringan udara bagian lainya)
- Kunci shock 17 mm ( Untuk membuka Mur , Primary sheave )
- Kunci shock 14 mm ( Untuk membuka Mur , Secondary Sheave )
-Tracker CVT
- Kunci ring 24mm
-Greaser CVT (yang di pake cuma secondary nya aja, harga nya 12ribu) 


 Langkah Pertama (buka cover saringan udara)

Untuk motor X-ride harus buka  cover saringan udara CVT bagian bawah dengan Kunci T 10 mm (ada 4 baut), lalau  Buka  baut pada block cvt dengan kunci T 8mm jumlahnya ada 11 baut.


Pasang tracker di lubang yang ada di Prymari sheave dengan posisi seperti gambar, dan buka mur menggunakan kunci Shock 17mm

 Selanjutnya buka mur di Bagian Secondary Sheave menggunakan tracker cvt dan kunci shock 14mm, posisi tracker liat gambar untuk ngebuka


 Mur dan busing sudah di lepas, kemudian lepas mangkok CVT dan Secondary Sheave nya


 nah ini adalah bagian tersulit nya, ngebuka Mur di Secondary Sheave karena memerlukan tenaga extra dan memerlukan bantuan palu buat ngebantu ngebukanya, hati hati klo engga di tahan pake kaki pas ngebuka mur kampas otomastis bisa loncat karena ada per cvt nya. 


Kampas otomatis dan Secondary Sheave nya sudah terpisah selanjutnya adalah membuka corong/dudukan per CVT , untuk ngebukanya bisa pake bantuan penggaris besi dibagian bawah dudukan pernya, kalau dudukan per cvt nya udah kebuka lepas ketiga pin guide nya dan bersihkan sisa sisa greaser yang masih menempel.


Semua komponen sudah terpisah sekarang
 Ini perbadaan pin guide secondary Roller dan Standar, sebelah kanan Standar dan Kiri modifikasian nya.
Kalau yang ini perbedaan secondary sliding Sheave nya kanan yang modifikasian bro Walang kiri Asli X-ride

Kalau yang ini alur Pin guide standar dan bagian dalem nya

 dan yang ini alur pin Guide Modifikasian nya. terlihat perbedaanya kan???

 ini perbedaan dimensi keduanya

Sekarang kita gabungin lagi deh Secondary Roller nya ke bagian secondary Fixxed nya, Liat gambarnya . kalau sudah kegabung lagi bagain secondary Sheave nya , sekarang tinggal pasang pin guide nya. 

Untuk pemasangan pin guide modifikasinya , bagian yang ada kepalanya harus menghadap keluar karena kalau kebalik pasti ga bakal masuk donk,hehehe. eh iya jangan lupa pasangin juga roller di pin guidenya

 Kalau sudah terpasang ke 3 pin guide nya, sekarang kasih greaser secondary sheave di ke 3 alur nya

Selanjutnya pasang corong/dudukan per CVT , untuk pemasangan dudukanya ini aga susah perlu sedikit dikasih greaser di ujung dudukan pernya dan diketok biar bisa masuk, makluk marang baru masih seret. 

selanjutnya , rakit kembali per cvt dan kampas kopling seperti semula , untuk per CVT nya saya pake sepaketan sama secondary Roller nya .

kalau sudah tinggal rakit lagi CVT seperti semula dan untuk arah trackernya ,kebalikan dari cara ngebukanya yah,, hehehe..





dan secondary Roller sudah terpasang tinggal di uji coba deh , oh iya Roller yang dipake sekarang 8 gram rata , mau cobain dulu sensai kalau pake roller standaran kaya gimana, dan untuk Review nya nantikan saja yah.. 

8 comments:

  1. Itu paketan yg 420rb ya bro? Kok kelihatannya dimensi sliding rollernya lebih besar dibanding orinya ya? Ditunggu review nya dgn pemakaian roller yg lebih berat or enteng dan per cvt yg lebih keras. Thanks

    ReplyDelete
  2. iya lebih besar dari pada aslinya, ga bisa review lebih jauh, cuma nyoba di track lurus akslerasi lumayan bagus, tp pas dipake offroad ogah jalan motornya ,

    ReplyDelete
  3. kalo misalkan minta pasangin di dealer resmi bilang nya minta pasangin apa gan? :))
    *noob here

    salam dari pengguna xride tasikmalaya :beer:

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasangin secondary sliding, tapi klo liat barangnya bakal ngerti ko bengkelnya

      Delete
  4. bagus
    increase your web, blog, youtube traffic
    http://ridownjuan.com/visitor-portal
    thanx

    ReplyDelete