Penggantian Greaser atau gemuk CVT sangat penting di lakukan secara Periodik, Karena ini pelumas dan fungsinya sangat penting maka perlu dilakukan
penggantian secara periodik biasanya setiap 10.000-15.000km. Tapi jika motor sering melakukan perjalan jauh atau sering di pakai Offroad maka penggantian pun bisa di bawah 10.000 km meter, jika tidak melakukan penggantian secara periodik maka Greaser CVT akan cepat mengering dan ini tentunya akan berpengaruh ke performa motor dan juga akan mempercepat kerusakan pada komponen CVT apalagi di area Secondary Sheave, Untuk X-ride penggantian Greaser Ini hanya di lakukan di area Secondary Sheave saja Berbeda dengan matic yamaha Keluaran Terdahulu di bagian Primary pun harus di beri Greaser karena memiliki alur/celah untuk Greaser, tapi untuk X-ride atau varian matic injeksi yamaha hal ini tidak perlu dilakukan karena untuk bagian Primary Sheave tidak memiliki alur/celah untuk Greaser, Untuk Greaser CVT Sendiri bisa di beli dengan kisaran harga 10rb-12rb rupiah.
*Greaser CVT Yamaha, transparant untuk Primary Sheave kuning untuk Secondary Shaeave
Oke langsung aja ke cara penggantiannya yang sebelum nya terlebih dulu membongkar CVT seperti Tutorial Sebelumnya di SINI dan Di SINI
Setelah semua komponen Secondary Sheave terlepas Kemudian Buka Corong/penutup/dudukan (SEAT, SECONDARY SPRING) Per CVT, dengan menggunakan Obeng Min untuk mencungkil nya,
Setelah Corong terlepas kemudian Lepas ke 3 pin yang ada di Secondary Sheave nya
kemudian Lepaskan kedua bagian dari Secondary Sheave nya ( SECONDARY FIXED SHEAVE COMP dan SECONDARY SLIDING SHEAVE) lalu bersihkan sisa-sisa Greaser yang sudah mengering, pembersihan bisa juga menggunakan Bensin agar Sisa-sisa greser yang mengering hilang semua dan jangan lupa untuk di lap agar sisa bensin tidak menempel di komponen ini,
jika sudah bersih kemudian pasang kembali bagian-bagian secondary Sheave ( SECONDARY FIXED SHEAVE COMP dan SECONDARY SLIDING SHEAVE) dan ke tiga pin ke tempat semula, Lalu beri sedikit Greaser di ke tiga alur yang ada di komponen Secondary Sheave , INGAT jangan terlalu banyak untuk mengindari greaser "muncrat" yang akan menyebabkan CVT Slip
Lepas Corong menggunkan Obeng Min
Corong / (SEAT, SECONDARY SPRING)
Pin Secondary Sheave
kemudian Lepaskan kedua bagian dari Secondary Sheave nya ( SECONDARY FIXED SHEAVE COMP dan SECONDARY SLIDING SHEAVE) lalu bersihkan sisa-sisa Greaser yang sudah mengering, pembersihan bisa juga menggunakan Bensin agar Sisa-sisa greser yang mengering hilang semua dan jangan lupa untuk di lap agar sisa bensin tidak menempel di komponen ini,
bersihkan juga sisa greser yang berada di lubang Secondary Sheave
Sisa Greaser Yang Sudah mengering
Kemudian Bersihkan bagian permukaan Secondary Sheave yang bersinggunagn langsung dengan Vbelt ( SECONDARY FIXED SHEAVE COMP dan SECONDARY SLIDING SHEAVE) .Menggunkan kain bersih dan alkohol, agar sisa Greaser yang pada saat membersihkan menempel hilang, agar pada saat setalah di pasang Vblet tidak Slip.
Jika Ke tiga Alur sudah di beri Greaser kemudian pasang kembali Corong/Penutupnya (SEAT, SECONDARY SPRING), jika sudah beri sedikit Greaser di bagian Belakang Secondary Shave di bagian Laher bambu nya untuk memperlancar putaran.
Beri Greaser Dibagian in juga
** Bersihkan juga bagian selongong as pulley , part ini sedikit berbeda dengan mio karbu, tidak ada celah untuk Greaser, tapi untuk menjaga bagian ini tidak cepat aus bisa di beri sedikit Greaser Prymary sheave
**Ingat jangan terlalu banyak, agar greaser tidak keluar ke bagian pulley karena akan menyebabkan slip.
Jika Semua part sudah di beri Greaser rakit kembali CVT, dan rasakan perbedaan nya, Selamat Mencoba
No comments:
Post a Comment