Wednesday, June 8, 2016

LAHER GEAR BOX OBLAK PENYEBAB MOTOR BERGETAR SUARA MENDENGUNG PADA SAAT DESELARASI (MENGHILANGKAN GRETEG PART 5)

Oke kali ini saya akan membahas lagi nih masalah greteg di motor tahap selanjutnya dimana pada tahap ini sudah itngkatan terparah dari gejala gereteg jika sobat sudah mencoba tahap 1 - 4 masih mengalami tak ada salahnya buat coba cara pamungkas ini. hehehe.

lalu apa sih penyebab greteg yang susah di hilangkan ini dan apa penyebabnya, ini berbagi pengalaman pribadi dan pengalaman pengalaman yang lain yang banyak beredar didunianya maya, lalu apa sih penyebab paling parah greteg atau getar ini??? yang seblumnya sering saya bahas hanya di area cvt bagian luar saja nah kali ni saya akan membahas area CVT bagian dalam yaitu Gearbox , yup area ini kadang luput dari  pengecekan kalau motor mengalami getar atau greteg  karena emang area ini untuk kerusakannya sendiri sangat jarang (masih tergantung cara memperlakukan motor) dan perawatan nya pun emang sangat jarang, perawatan area ini yah cukup anti oli gearbox secara rutin dan untuk penggantian olinya sendiri bisa sampe 3 kali ganti oli mesin baru ganti oli gearbox atau bisa sampe 10rb km baru ganti oli gearbox. 

tapi apa dengan mengganti oli gaerbox secara rutin cukup???
hemm,. sepertinya tidak sobat kalau cara pakai dan usia motor sudah cukup lama. karena ada beberapa komonen yang harus di perhatikan atau di cek di dalam gearbox  klo gejala greteg muncul. 

PERHATIAN: ada dua penyebab atau ada dua kerusakan yang akan saya bahas sekaligus karena klo sudah bongkar gearbox labih baik dicek dan dikerjakan semuanya biar ga kerja dua kali 

langkah pertama yang bisa kita lakukan untuk menditeksi kerusakan di area gearbox yaitu dengan membongkar cvt lalu di as pulley kita goyang goyang maka akan terasa oblak dan jika putar ban belakang makan akan ada suara kasar di area gear box, bisa sobat bandingan dengan motor teman yang masih "sehat" maka suaranya akan berbeda. 



nah klo udah kerasa oblak yah langkah selanjutnya di pastikan bongkar area ini, klo buat bongkar sih cukup sediain kunci T 8 aja . jangan lupa juga siapin tempat penampungan oli karena kita akan mengcek kondisi oli gearbox terlebih dahulu , kenapa kita harus cek oli gearbox??? yup dengan mengecek warna oli gearbox maka kita akan tau seberapa parah kondisi kerusakan yang di alami. dari perngalaman saya warna oli akan berubah seperti ada gram-gram besi dan oli akan sedikit lebih hitam dari biasanya, nah kalau udah sampe warana oli berubah seperti ini maka bisa di simpulkan area kerusakan sudah sampe ke ke Gear rasio yang di akibatkan karena Laher oblak tapi tidak cepat di ganti , dan ini baru baru saja terjadi pada saya akibat menggunakan cover gearbox bekas yang udah saya bahas di postingan meningkatkan akselerasi dengan mengganti gearbox nouvo .  Dan karena alesan masih riset saya ganti gear rasio nouvo dengan menggunakan rasio x-ride lagi tapi karena cover gear box aslinya ga di bawa di sukabumi dan pas bongkar di jakarta yah sudah seadanya di pasang yang sebenrnya kondisi laher as pulley belakang sudah terasa sedikit oblak , dan pas pemakain sehari motor terasa greteg parah dan suara mendengung dari pada terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan pun pada malam harinya saya bongkar lagi dan di dapati  oli hitam kotor padahal baru sehari ganti dan cek laher oblak semakin parah,. wah amsyong bener dah. berarti ga bener nih gear rasio nya di liat  celahannya antara gear rasio makin lebar, hadeuh 

nah ini dia cover gearbox plus laher yang ada di as pulley  penyebab masalahnya , karena oblak di paksain terus, padahal klo sekedar ganti Laher cuman 18 ribu doank, tapi kalau sudah oblak terus dipaksain jajannya motor bisa makin mahal loh apalagi klo gear rasio udah kena bisa 300ribuan . sok dari pada rusak makin parah lebih baik ganti aja kalau kalau motor sobat xrider mengalami hal yang serupa dengan motor saya, 

foto selanjutnya silahkan di liat liat aja deh yah.. berikut kondisi olinya. 



wih panjang banget yah postingan kali ni. belum beres di bahas loh, hahha semoga ga bosen yah bacanya karana pada psotingan ini bakalan di bahas tuntas gejala greteg karena ini postingan pamungkas dari semua gejala gereteg.

nah sudah liat kan foto foto dan penjelasan di atas , nah itulah penyebab dari motor matic yang gretegnya ga ilang, padahal kerusakan awalnya cuma dari laher tapi bisa merembet sampe ke gear rasionya, nah sobat x-rider selain laher oblak ada juga penyebab getar lainya , yang masih sekitaran gear rasio, penyebanya adalah gear rasio yang ini oblak. klo sobat bongkar maka di bagian  ini sebenrnya bisa di bagi dua di bagin belakangya ada semacem klip. kadang karena usia pakai dan cara berkendara yang salah menyebabkan bagian ini oblak , terus klo sudah oblak mesti gimana mau ganti baru silhakan atau bawa ketukang las juga bisa sih, pada jaman mio sih biasanya klo komonen ini oblak dilas tp harus las kuningan katanya sih biar kuat, dan yan pasti klo di las biaya lebih murah cuman tetep harus nyari orang yang ahli biar gear rasionya tetep presisi klo ga presisi bakal rontok tuh gear rasionya,. 


gimana sudah sedikit faham kan penyebab greteg di motor yang sudah saya bahas sampe part 5 ini,  jadi pada dasarny asal motor sering di rawat dan cara bawanya bener motor bakal awet, yah bedanya dengan saya sih motor emang di cari cari masalahnya biar bisa isi blog dan kasih tutorial ,

 yah semoga bermanfaat dan selamat menjalankan Ibadah Puasa bagi Sodara Umat Islam yang menjalakan Se Indonesia 







10 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Kode kelaher gear box mio soul berapa bang???

    ReplyDelete
  3. Kode kelaher gear box mio soul berapa bang???

    ReplyDelete
  4. Mao nanya gan apa bener kalo bunyi kaya suingan gitu kena rasio nya?soal nya pas di cek oli gardan isi nya air campur oli air nya banyak pula apa itu kena rasio nya?

    ReplyDelete
  5. Berarti kalo as belakang X-Ride goyang laker dah kena ya mas,, soalnya punya saya motor Gretek nya parah, Ampe ngk bisa manjakan pada tarikan bawah,, pas sy bongkar memang goyang,,

    ReplyDelete
  6. Saya punya mio udah ganti gearbox satu set tetep aja goyang as nya

    ReplyDelete