Saturday, April 2, 2016

TARIKAN MOTOR "NDUT-NDUTAN" DAN SERING MATIAN COBA CEK SIKRING

Kali ini saya sedikit berbagi pengalaman yang baru saj terjadi, ceritanya gini tarikan motor saya jadi ndut ndutan klo di gas awalnya dan kadang kadang suka ilang tenaga walapun ga sampe mati motornya, oh iya kadang kadang juga tuh motor klo di starter ada jeda baru nyala, cek tegangan aki masih normal, busi pun masih baru ganti seminggu. perkiran mungkin karena TB (throttle body) kotor karena emang udah lama juga ga bersih bersih TB,  ya udah deh di bersihin tu TB karena lumayan kotor, pas mulai berih bersih Tb juga selain cek injector ya kali karena mekaniknya pas masang asal asalan packing injektor ga bgt nempel bener buka injector pun kepalanya kotor plus tempat socketnya hampir patah (sial bener nih mekanik motor gw sampe begini) karena masih ada stok injector lain ya udah ganti aja sekalian karena takut masalahnya dari situ juga, tapi setelah bersih bersih TB dan ganti injector masalahnya masih ada , malah motor sama sekali ga nyala ngecek voltmeter dan speedo mati dalam hati udah bilang sial amat nih bongkar jd mati begini, ya udah saya cek lagi deh kabel-kabel dari aki, sambungan dari aki ga ada masalah, taerus lanjut deh saya cek box sikring , dandi sini lah ketemu masalahnya , keliatan di bos sikring banyak putih putihnya bekas korosi si socketnya lanjut cek sikring aman ga putus, akhirnya pasang lagi sikring (belum di bersihin nih socket nya) yupss,,, ternyata masalahnya ada disini motor ndut ndutan walaupun kadang normal klo di gas, fix permasalahnya ada disini lanjut deh saya bersihin tuh socket semprot-semprot pake cairan pembersih sama sikring d bersihin juga, tadinya sih mau ganti sikring baru cuma ga ada stok pake lagi deh, dan seudah berisih bersih ssoket sikring kunci kontak di on langsuh deh di starter langsung ces pleng, suara pas starter pun sekrang lebih alus dari sebelumnya yang kadang kaya aki soak susah ngankat dan gejala Ndut ndutan pun hilang,.

terus pertanyaanya kok bisa sih karena socket sikring kotor tarikan motor jadi ndut ndutan???
yah bisa aja dan sangat berpengaruh sekali karena Sikring adalah pemutus listrik jika ada beban lebih, dan sikring ini juga sebagai penghubung kelistrikan di motor pasti udah pada tau deh, dan jiga sambungan sikring ini ada masalah maka arus yang mengalir pun ikutan bermasalah, makanya motor jadi ndut ndutan karena arus listrik dari aki yang seharusnya ngalir normal dimotor jadi sedikit terhambat arusnya, arusnya kadang terputus kadang engga walaupun jedanya sepersekian detik dan efeknya itu bikin tarikan motor jadi ndut ndutan walaupun ga sampe motor mati, sebenrnya sih udah lama banget masalah ini saya rasain karena sering liat di volmeter kadang dia nyala kadang engga karena anggapan saya volmeter yang rusak sampe beli yang baru tapi belum sempet di pasang sih karena volmeter normal lagi, dan selama ini ga kepikiran kalau masalah yang ada itu di sikring karena klo masalah di sikring yang saya tau klo putus yang mati tuh motor ternyata ada masalah lain yaitu korosi di socket nya, nah untuk masalah korosi ini sendir biasanya sih terjadi klo motor pas di mandiin ada sisa sisa air yang masuk ke sela sela sosket yang lama kelamaan menimbulkan korosi, tapi beruhubung si RX-ROBO jarang mandi jadi maslah itu saya kesampingkan yang paling sering adalah masukin jas hujan yang basah ke bagasi motor mungkin itu penyebabnya, 

nah selain masalah korosi bisa juga masalah socket yang udah ga rapet lagi jadi harus di rapetin pake obeng min biar sikring nepelnya bener, klo engga mah dijamin bisa kejadian kaya saya. jadi klo teman teman ngalamin masalah yang sama bisa coba cara saya sebelum bongkar bongkar cek dulu sikring dan socketnya jangan sampe kaya saya udah bongkar semua eh ternyata masalahnya ada disana. capee dehh jadinya. hahahha

No comments:

Post a Comment