Friday, January 1, 2016

Pahami kode busi Menentukan Busi panas Atau Dingin


Tidak banyak orang yang tau akan kode-kode yang tercantum pada busi kendaraannya. Padahal dibalik kode tersebut kita dapat mengetahui jenis busi yang kita beli tersebut tipe panas atau dingin tapi bukan meriang yah maksudnya hahaha..  untuk mesin standar atau boreup tipe busi ini yang akan menentukan performa kendaraan yang digunakan, Sperti kode busi untuk matic yamaha ada code CR6HSA dan CR7HSA , nah dari hasil googling di bilang kode yang ada dibusi bisa kasih tau kita tentang busi itu masuk ke kategori mana misal angka 7 dibusi ini menandakan klo busi ini tipe dingin semakin kecil misal 6,5 dst menandakan busi ini tipe panas, dan kode 8 keatas menandanakn klo itu busi tipe dingin, 


Busi Tipe Dingin
nah buat perbedaannya  busi  tipe dingin akan Mudah melepas  panas dan cepat menjadi dingin cocok untuk mesin yang sudah di BORE UP karena semakin besar kompresi motor maka panas dari mesin pun akan semakin besar oleh karena itu tipe busi dingin ini cocok untuk mesin bore up , kalau dari hasil googling sih bilang kalau tipe busi panas di pake dimesin BU maka bakal ada endapan karbon yang bakal menimbulkan Knocking (ledakan kedua setelah busi memercikan bunga api) walaupun untuk mesin injeksi hal ini juga terpengaruh dari Setingan CO , tapi dari pengalaman kemarin pas masih pake busi tipe panas motor saya selalu nembak nembak setelah lepas gas, dan begitu ganti busi tipe dingin, gejala nembak ilang, yah mungkin ini cuma asumsi saya aja yg di rasain, dan pada saat masih menggunakan busi tipe panas busi ada tumpukan karbon padahal usia busi masih sangat baru juga sudah saya bersihin kemaren dan di pasang lagi begitu di cek ada lagi tadi udah ada tumpukan karbon dan laju motor saya pun kurang greget begitu ganti terasa enak lagi tarikannya. 


Busi Tipe Panas 

dan busi tipe panas susah melepas panas  dan mudah menjadi panas cocok untuk mesin standar. nah masih dari pengalaman juga menggunakan busi dingin di motor standar tarikan motor kerasa ga enak banget . 

Untuk  perbedaanya busi tipe panas dan dingin selain dari kode ,  terdapat pada insulator busi jika kita coba masukan jarum di tengah2 busi akan terlihat perbedaannya untuk busi tipe CR7HSA lebih pendek sedangkan untuk CR6HSA lebih panjang .

Pun demikian kalau mau pilih busi tipe iridium dan platinum harus dilihat juga kodenya agar sesuai dengan kondisi mesin motor kita agar umur busi pun lebih panjang. 

nah kalau mau cari busi standar tipe dingin hasil dari browsing dari sparepart motor yamaha busi tipe CR7HSA itu biasanya di pake di motor Nouvo , sedangkan buat tipe panas yah standar matic-matic yamaha aja tipenya CR6HSA , untuk harga keduanya sama ko cuma 13ribu saja. 

So jangan sampe salah yah pilih busi biar tarikan motor tetap enak. 




No comments:

Post a Comment