Tuesday, December 1, 2015

Tarikan motor Brebet, besin boros coba cek busi...

Udah lama ga isi blog bisa sayanya sibuk tugas ke luar kota terus,, ya buat mengawali bulan desember ini saya isi dengan permasalahan motor saya nih beberapa minggu lalu, ya setelah bulan-bulan kemaren sempet ada perubahan di motor yaitu sektor TB dan uji coba ganti Oli motor ke sayangan saya RX_ROBO mengalami masalah nih. tarikan jadi lebih berat dan besin bener bener boros banget , awalnya ngira karena setingan CO dan ganti oli  yang salah yang bikin besin boros dan kadang tarikan pun berat , tapi setelah ganti oli dan seting CO lagi ke setingan awal tp tetep ga ada perubahan sampe 2 minggu lalu nih guys mengalami hal paling buruk. ya seperti biasa motor diajak bali ke Jakarta dari Sukabumi dan keadaan waktu itu dari Sukabumi-Bogor Hujan dan di sekitaran BatuTulis Motor sempet Mati dan susah buat di nyalain lagi bagitu liat Voltmeter tegangan Aki ngedrop sampe ke angka 7 volt dan tiba tiba balik lagi ke normal, dan motor pu sepanjang jalan matian terus dan susah di nyalain , dan sesampainya di depok krena penasaran di bongkar lah aki takutnya ada bagian yang kendor, tp ternyata engga ada dan cek sikring emang salah sih dari bengkel cuma di pasangin sikring yang 10 Ampere yang seharunya 15 Ampere, oke deh sampe ini masalah teratasi motor ga matian lagi cuma sedikit brebet aja terus dan di bensin pun boros banget ga usah di tanya deh gimana tarikan motor yang pasti payah banget. sampai di pikir pikir kenapa ini motor ko jadi bgn, biasanya lewatin hujan deres ga sampe mati kaya begini, sampe akhirnya coba ah buka busi dan bener aja bgt busi di buka baru keliatan akar permasalahanya busi item banget yang berarti campuran udara sama bensin tidak seimbang terlalu banyak bensin dari pada udara yang efeknya ya gitu bensin jadi boros , ya mungkin ini gara gara salah setingan di CO makanya berdapata ke busi yang jadi item padahal sebelum sebelumnya klo cek busi kondisi normal warnanya merah bata atau engga kecoklatan. 

yah setelah ganti busi dengan busi cadangan di motor walaupun bekas tapi masih layak pake, begitu di tes besoknya tarikan motor enak lagi ga ada istilahnya berat dan berebet lagi dimotor dan motorpun langsung di bawa jalan ke Bogor dari Jakarta dan ga ada kendala yang sebelumnya terjadi, brebet pun hilang ga ada berat beratan lagi di tarikan yang sempet di kira dari aki yang masalah. dan  karena masih belum puas saya pun akhirnya ganti busi pake yang baru oh iya unduk kode busi x-ride ini tipenya CR6HSA atau bisa juga pake yang CR7HSA selalu inget yah buat motor injeksi harus punya kode R , tujuannya untuk mengurangi gelombang elektromagnetik yang dapat mempengaruhi kelistrikan. Nah busi yang tidak ‘sesuai’ tipenya bisa menyebabkan pengapian yang tidak konsisten sehingga timbul gejala brebet , jangan lupa juga ada bedanya juga kalau mau ganti busi atau sekedar ngecek kondisi busi sewaktu pengecekan pada busi motor injeksi, untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan terlebih dahulu kita harus menutup lubang busi dengan busi lain. Tujuannya agar bahan bakar yang disemprotkan tidak bisa keluar dan bersinggungan dengan percikan api dari busi pas ngecek businya. 

nah sekarang motor saya udah enak lagi setelah ganti busi baru tarikan pun kembali seperti semula dan konsumsi bahan bakar pun irit lagi dari sebelumnya, so klo kawan kawan pembaca setia blog saya mengalami brebet di motor tarikan ndut ndutan dan bahan bakar boros ada baiknya coba cek busi dan jika di perlukan lakukan penyetingan di ECU karena biasanya permasalahan di busi banyak di sebabkan karena setingan debit bahan bakar dan Udara yang masuk tidak sesuai. 

1 comment:

  1. Oke, kayaknya gue harus cek busi motor kalo dapet masalah begini nih :)... Thankyou

    ReplyDelete