Monday, October 19, 2015

TUTORIAL LEPAS KOIN/KUPU KUPU TB X-RIDE

Nih sesuai janji saya, sekarang saya kasih tutorial cara ngelepas kupu-kupu di TB , tapi ini buat yang berani aja bongkar sendiri karena salah salah bukannya kelepas baut yang ada didalem TB bisa slek dan buat bukanya bakalan lebih susah lagi jadi bener bener harus berhati hati kalau mau buka sendiri istilah kerenya harus ada bimbingan para ahli, hahahah..

nah terus apa saja sih yang harus di persiapkan buat ngelepas kupu-kupu ini??? yang pasti harus di sediain Obeng dan kunci-kunci pendukung buat ngelepas TB dulu dari Mesin motor. bisa di liat di sini Cara Lepas TB , Jangan lupa juga sediain lem exposy buat nutup lubang TB nanti yah, nah Kalau TB udah di lepas tapah selanjutnya adalah melepas kupu-kupu bagian depan dengan menggunakan Obeng , untuk penggunaan obeng buat ngekepas kupu-kupu ini di sarankan menggunakan obeng yang bener bener pas kalau engga pas bisa bisa baut slek , pada saat akan ngelepas baut getok getok sedikit ujung/pegangan obeng pake palu biar lebih gampang ngebuka bautnya yah.. 




kalau udah kebuka dua duanya, Putar bagian pinggir TB yang ada pernya(buat bukaan Gas) sampe Kupu kupu terbuka, lalu tarik Koin / Kupu-Kupu menggunakan tang Mancung. nah ada sedikit tips nih biar bagian Koin/kupu-kupunya ga rusak di ujung tangnya kita bisa lapisin pake Kain ini bertujuan biar bentuk dari Koin g berubah yah kalau kalau sewaktu waktu koin nya pengan di pake lagi alias TB di balikin Normal. 







 Koin TB udah di lepas selanjutnya buka pengunci AS Koin tadi , detailnya liat di bawah


Kalau udah lepas Koinnya Congkel bagian ini pake Obeng Minus biar bagian as dari TB kelepas.


 
 
kalau bagain asnya udah ke lepas tinggal bukain aja deh semua komponen yang berada di bagian depan nya. liat gambanya ya biar lebih jelas



 Ini bagian TB yang di lepas

 Kondisi TB udah di lepas Koin nya 

Tahap selanjutnya adalah menutup Lubang bekas komponen Koin depannya, sebelum di tutup pake lem epoxy lepasin dulu karet yang ada di depan kedua lubang, biar yang saya bilang tadi klo mau di standarin lagi komponenya masih ada.



 kalau udah di lepas nih karetnya yah tahap akhir deh,. tutup lobang pake lem Epoxy 
 Biar hasilnya bagus dan ga bleber ke bagian dalam TB, di bagian dalam TB di tutup aja pake solasi pas lubangnya tadi klo engga di tutup udah pasti hasilnya ga bakal rapi tuh detail liat lagi gambar
 Kalau udah di tutup tinggal campur tuh Lemnya terus masukin deh lemnya dari bagian luar TB sampe ketutup semuanya , tunggu kira kira 15menit sampe lem bener bener kering , cepat engganya lem kering tergantung campuran hardernernya .




 oh iya kalau udah kering jangan lupa lepas solasi yang ada di dalem TB tadi.
Tuh liat kalao di tutup bagian dalemnya hasilnya bakal rapih
 dan langkah pembukaan Koin pun selesai selanjutnya adalah pemasangan kembali TB di motor.

ATTETIONS:
nah karena kondisi TB udah berubah maka harus ada juga ubahan di sektor Tali Gas nya, belajar dari Kang Dava Di CiSH , bisa saja tali gas yang di pake Cuma satu doank yang bagian atas dan bagian bawahnya ga di pake cuma pas kemaren di cobain malah bikin gas nyangkut akhirnya di motor saya di pakein kedua duanya lagi kabel gasnya , Terus jangan lupa juga buat stel tarikan tali gas yang ada di stang sampe mentok kekanan, tujuannya biar pas ngegas ga terlalu liar dan pas nutupnya lagi cepet, dalam hal ini mungkin dibutuhkan bantuan orang yang bener bener faham karena salah salah tali gas ga bisa malik lagi/macet , ini pun pernah di alami beberapa |Rider yang udah mengaplikasikan metode lepas Koin TB, jadi pada saat seting kabel gas ketelitian dan perasaan tarikan paling enak sangat di butuhkan agar hasil yang di dapatkan pun maksimal dan ga bikin bahaya bagi rider nantinya.karena motor akan terasa lebih enteng jadi sekali lagi hati hati dan harus terbiasa dengan perbedaan setelah lepas Koin , harus ngebiasain lagi bukaan gas agar tetap selamat.

nah setelah semua selesai saatnya uji coba. sperti yang saya jelaskan pada episode sebelumnya bakal ada perbedaan tarikan motor dimana motor akan lebih enteng, itu di sebabkan tidak ada lagi hambatn udara yang masuk ke TB dan memperbaiki sistem pembakar menurut asusmsi saya karena yang saya rasain setelah pakai TB lepas Koin bensin lebih irit terbutki pada saat saya pulang ke sukabui dari kantor di Kelapa Gading Bensin/BBM hanya ahbis setengah Tangki saja, dari jarak hampir 130km yang biasanya saya harus isis lagi bensin skitaran Bogor yang ada arah keparung atau engga di daerah cikereteg . yah asumsi saya sih 1 liter dapet lah 50km mah. dan kondisi pada saat pulang pun motor saya lagi pake box givi e20 full barang, selama perjalan sama sekali saya ga merasakan beban yang da di belakang motor enteng banget kaya ga bawa box, yang bisanya saya kesusahan dpt tarikan enak karena adanya beban barang di belakang. so buat yang mau coba ga ada salah nya tapi tetep hati hati ya..



 







10 comments:

  1. Om mau nanya, setelah lepas tb gas saya ga mw balik sendiri, bagaimana solusinya? Satu lg lubang angin di tb harus di tutup atau tidak?
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  2. ada yang lupa tuh... per tb di puter 1 puteran lagi biar tali gas/koin tb mau balik lagi pas udah di buka.. croott

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah udah kelar om, kmrn smpet di puter 1x yg di tb tp ga mw balik, akhirnya setel gas yg di atas udah normal

    ReplyDelete
  4. Sistem tb matic yamaha blu core sama gk om ? Gimana kalo d aplikasikan punya blue core

    ReplyDelete
  5. Oh iya om, kan itu diameter Koin TB lbih besar dr punya beat...perlu ada penambahan co gk? Untuk mengimbangi udara? Atau udara sepenuhnya d kontrol Valve udara?

    ReplyDelete
  6. Oh iya om, kan itu diameter Koin TB lbih besar dr punya beat...perlu ada penambahan co gk? Untuk mengimbangi udara? Atau udara sepenuhnya d kontrol Valve udara?

    ReplyDelete
  7. Gan tutorialnya sdh sy ikuti dri awal dan berhasil, tpi langsasmnya kok jdi besar gtu gan, trz klo sy diem di lampu merah, lampu midnya nyala sekali gan. mohon pencerahannya gan.

    ReplyDelete
  8. Tolong donk bagi informasinya, yg udah lepas coin. punya saya kok brebet-brebet iya.. apa ada settingn laiNnya iya.... mks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air fuel rationya om, ga imbang angin sama bensin banyakan anginnya, pasang oprn luper aja

      Delete
  9. Spek mtr saya seher 58 throttle body masih standar tapi co sudah +4,kalau di aplikasikan ke mtr saya apakah harus ada settingan lain gan?
    Terimakasih....

    ReplyDelete