Tuesday, August 11, 2015

Bensin boros tarikan berat coba cek Busi

setelah hari sabtu kemeren ngoprek motor dari siang sampe sore gegara tarikan ngeden terus alias tarikan berat banget, yang bikin boros bensin sehingga yang biasanya pulang dari Jakarta ke sukabumi itu cukup isi bensin sekali aja tapi ini dua kali ngisi bensin di kelapa gading sekali dan di cikereteg 1 x dengan nominal 20ribu masing2 setiap ngisi bensin, karena cuma menuhin doank oh iya padahala sehari sebelumnya juga udah di isi bensin 20ribu juga buat menuhin tangki tapi ucma di pake ke jalan merdeka barat dari kelapa gading dan malemnya di pake ke kopdaran di artha gading, itu bensing udah lewat dari setengah tangki turunnya, yah sepanjang perjalanan dibikin kesel karena motor ogah lari, paling banter itu cuma 60kpj malah udah betot gas sampe mentok sempet dapet cuma 40kpj dan balik lagi bisa sampe 60kpj itu pas pulang saay ga pake box dan ga bawa barang banyak loh kaya biasanya, ekpetasinya klo ga bawa barang bisa lbih kenceng lagi tuh motor, terus tarikan ndut-ndutan "what the hell" sempet kepikiran sih apa dari aki yang  mau soak yah tarikan motor jadi begini ndut ndutan kalau di gas, atau karena cvt karena emang bisanya saya pake per cvt 1500rpm skrng pakein per standar, jadi tarikan berat. apa karena oli yang belum ganti sebulan .. yah sepanjang jalan pulang di bikin ga enak banget deh sm tarikan motor.

So.. bgt sampe rumah hari sabtunya motor di bongkar deh sekalian benerin bekas ketabrak kmrn, sambil ganti oli dan as. pokoknya bener2 bedah motor, tapi fokus pertama tetep ke tarikan motor, bagian cvt di rubah lagi per cvt dibalikin ke 1500rpm demikian juga roller digunta ganti sampe dapet yang paling enak, oli ganti filter ganti, tetep aja hasilnya nihil masih aja tarikan berat banget. sudah lah pas waktu itu nyerah. ga ada perbuhan sama sekali dari motor, jangan kan buat dapetin 80kpj mau dapet 60 kpj aj udah susah banget. 

dan akhirnya pas hari minggu baru dapet berkah, baru kepikiran buat cek busi motor , oke lah akhirnya saya cek tuh busi motor, dan pas di liat tadaaaaa.. ternyata kondisi busi tuh putih banget bagian atasnya terus bagian elektrodanya ada gumplan2 putih mirip kaya karat gt, akhirnya di bersihin pake sikat kawat n di amplas, tapi gumpalan2nya itu susah banget ilang,ya udah deh akhirnya bongkar-bongkar nyari busi bekas yang layak pake, untungnya ketemu 1 busi ya udah langsung pasang dan di uji coba, lumayan motor ada sedikit tenaga nya sekarang. oh iya untyuk kondisi busi sendiri emang udah lebih dari setahun ga pernah di cek atau di ganti, dan klo yang di baca di web kondisi busi motor injeksi berwarna putih begitu karena campuran udaranya lebih banyak dari pada bensin, padahal CO udah naek ke 3. apa masih kurang yah setingan CO segitu dengan filter yang di pake, dan karena tarikan mulai enak selanjutnya saya bener bener ganti busi baru dan dipasang, dan akhirnya motor dipake jalan jauh lagi pulang ke jakarta, kemaren dan hasilnya tidak terlalu signifikan berubah jauh dengan kondisi motor roller 8gram pulley coakan dan per cvt 1500rpm , top speed cuma dapet 60kpj doank, sela perjalanan dari sukabumi ke bogor, sambil istirahat di tajur sambil liat pas banget  di angka 20000 ribu , langsung mikir lagi, wah kayanya udah saatnya buat services lagi injektornya nih. karena tarikan udah kacau. setelah cukup istirahat perjalan pun dilanjutkan lagi, sampe di jalan raya bogor menuju cibinong karena trak lurus dan kosong langsung deh coba geber tuh motor mau tau sampe mana kemampuannya sekrang dan ya ternyata ga mengecewakan masih bisa lewat dari angkat 80kpj , dan setelah geber-geberan itu motor malah jadi enteng lagi buka gas sedikit di mau loncat. akselerasi juga oke lagi, tapi entah lah setiap balik ke jakarta tarikan motor malah jadi enak, dan masalah sebelumnya pun ga ada, dari tarikan motor yang ndut ndutan pun hilang. dan tetep asumsi saya penyebabnya emang dari kondisi busi yang udah jelek , akibat campuran dan bahan bakar yang engga pas. 

so bagi temen temen yang pernah ngalamin hal yang sama tarikan berat sebelum memutuskan buat bongkar2 cvt dll nya sebaiknya cek dulu kondisi busi, sebelum cape pada akhirnya, kaya saya sehrian ngoprek cvt karena tarikan ga enak, ga taunya malah dari busi. hehehe

3 comments:

  1. Kalau tiba2 montor mati gmna kak... Trus dipake jalan hanya 2 meter saja trus mati lagi. Di nyalain gak kuat ngangkat kak... Itu apanya ya kak

    ReplyDelete
  2. cek injeksi pump bro sama bersihin injekstornya...biasanya langsung clear.. kalau ttp kayak gitu ya cek piston deh,..

    ReplyDelete
  3. Bang tanya dunn,motor ane tarikan gas nya jg berat and boros bgt bensin nya.pengaruh gak bang sm kabel gas nya?soalnya kabel gas ane uda rada kesobek akibat gesekan ban atw digigit anjing,apa itu bisa buat tarikan berat dan klo gak dimainin gas nya mesin jg mati atw dlm kondisi normal pas di nyalain gg bisa hidup jd hrs di tarik sedikit gas nya,motor jg pas sendat2 klo jln .tolng bantu bang hrz gmna .thx bang

    ReplyDelete