Thursday, May 8, 2014

Bersihkan Throttle Body Yamaha X-ride


Motor Injeksi memang minim perawatan,tapi karena debu atau kotoran yang lolos masuk dari filter udara yang masuk ke TB dan oli yang ikut masuk karena proses penguapan akan membuat TB lebih cepat kotor dan harus dibersihkan secara berkala.. Salah satunya throttle body, Penumpukan karbon juga sering terjadi di throttle body. Biasanya karbon ini mengotori bagain dari lubang  dan katup kupu-kupu yang menyebabkan katup ini tidak menutup sempurna, efeknya putaran/RPM mesin jadi ngaco kadang kenceng kadang pelan, ini yang saya rasa sendiri di RX-ROBO, tarikannya sering naik turun yang pasti bikin engga nyaman di bawa jalan. Biasanya disarankan membersihkan Throttle Body ini dilakukan setiap 10km tapi itu tergantung juga kondisi lingkungan dan cara riding untuk motor saya baru menempuh jarak 6579 km dan Throttle Body sudah sangat kotor . oke kali ini saya akan kasih tau cara membersihkan Throttle Body Yamaha X-ride  Sendiri yang menurut saya tidak terlalu susah jadi siapapun bisa melakukannya sendiri tanpa harus membawa motor ke bengkel untuk membersihkannya. 


Peralatan yang harus dipersiapkan adalah peralatan untuk membuka body motor dan komponen Throttle Body Yamaha X-ride yaitu :
  1. Obeng Plus
  2. Kunci T 10 mm 
  3. Kunci ring 8 
  4. Kunci L no 4 
  5. Tang buaya/tang lancip
  6. Cairan Pembersih injector/Crab Cleaner bisa menungakan merk 3M/STP atau yang lainnya
  7. Lap bersih
"SAFETY FIRST" selalu berhati-hati dalam membuka komponen dari mesin injeksi karena komponen motor injeksi terdapat sensor-sensor yang sangat sensitif terhadap medan elektro magnetik, disarankan untuk membukanya harus menggunakan sarung tangan anti statis agar tidak mengganggu sensor yang terdapat di Throtlle Body . 

Langkah Kerja :
Langkah melepas Throttle Body 
  • Buka deck menggunakan obeng plus, ada empat baut disana yang berada di bawah jok dan di dekat boardrest
  • Buka penutup Aki dan lepaskan aki 
  • Lepas bagian bagasi motor, menggunakan Kunci T 10 ada empat baut di sana, dua yang berada di dalam bagasi dan dua lagi tertutup body samping, untuk membuka baut yang berada di samping terlebih dahulu buka baut body yang berada di bawah dekat Boardrest. lalu body samping di tarik keluar sedikit. 


  •  Lepas box Fillter, langkah ini di lakukan agar mempermudah untuk melepas  Throttle Body, pertama yang harus di buka ada lah Klem pengunci box fillter  ke Throttle Body dengan menggunakan kunci L 4. 
  • Buka Baut Fillter box fillter menggunakan Kunci T 10, di bagian kanan satu dan di bagian kiri ada Dua, 
  • Setelah box fillter terlepas selanjutnya adalah melepas  Throttle Body dari sensor, selang udara, Selang bensin dan bagian kabel gas, 
  • Lepas braket Selang bensin menggunakan kunci Ring 8mm

  • Lepas Selang udara dari Throttle Body menggunakan tang 

  • Buka Klem yang berada di depan dari Throttle Body menggunakan kunci L 4 , untuk bautnya berada di posisi bawah, setelah baut kendor tarik sedikit ke atas maka Throttle Body akan terlepas dari bagian intake motor.
  • Throttle Body Selanjutnya buka braket Kabel gas, dan lepaskan kabel gas dari Throttle Body 




  •  Lepas kabel sensor sensor , menggunakan bantuan tang lancip untuk memudahkan melepas pengunci, 
 

  • jika semua kabel sensor terlah terlepas, maka Throttle Body pun siap untuk di bersihkan,  
Throttle Body Terlihat kotor

Throttle Body bagian belakang

Throttle Body bagian depan

Throttle Body bagian samping kanan

Throttle Body bagian kiri
 Langkah pembersihan

Untuk membersihkan Throttle Body kita bisa menggunakan cairan crab cleaner/injector Cleaner, bisa menggunakan merka 3M, STP, Megacool atau yang lainnya untuk harga bervariasi dari kisaran 50rb sampe 100rb an, yang perlu di ingat selalu membaca cara penggunaan carian tersebut

  •  Semprotkan airan crab cleaner/injector Cleaner kelubang intake dari Throttle Body, jangan lupa untu membuka katup kupu-kupu agar pembersihan maksimal, dengan cara memutar bagain untuk kabel gas. 





  • Setelah disemprot maka kotoran akan luntur, tampak seperti gambar dibawah 



  • Ini Video pembersihannya dari Teknisi Yamaha
    • Ulangi Penyemprotan beberapa kali dan lap menggunakan lap bersih agar Throttle Body benar - benar bersih. 




    • Setelah Throttle Body benar benar bersih Pasang kembali Throttle Body ke posisi semula dan rasakan perbedaan nya. 
    Setelah melakukan pembersihan Throttle Body, sekarang si RX-ROBO terasa enteng sekali tarikannya, untuk mendapatkan kecepatan 60-80kpj pun engga keteteran lagi lebih nyentak, sebelum di bersihkan biasanya setelah lepas gas selalu timbul gejaka ngorok./ ada letupan-letupan di knalpot itu pun hilang. wah pokoknya serasa motor baru lagi deh. soo.... selamat mencoba !!!!

    3 comments:

    1. kang tolong posting tentang cara melepas katup kupu kupu tb dong... masih jadi trending topic nih di FB.
      Makasih

      ReplyDelete
    2. Tamban nih bang faiz... kl si x dipake ofrut wajib filter udara saringannya dipake baik yg standar ato model jamur coz ketika debu masuk terlampau banyak ke tb maka motor gg bisa langsam dan itu sngt2 merepotkan ketika beradventure ria... n selesai ofrut tb wajib di bongkar dan dibersihkan kalo ada sih special tools alias konci bintang titik buat bongkar sensor yg nempel di tb itu dlamnya bnyk debu jg.

      ReplyDelete
    3. Sensor di tb gak dibuka aman gan? Kalau mau di buka pakai kunci bintang yg bolong ukuran berapa gan? Buat yamaha lexi

      ReplyDelete