Tuesday, January 28, 2014

Menghilangkan Greteg Tarikan awal X-ride

Gejala "Greteg" pada tarikan awal memang umum terjadi pada motor-motor matic, yang tentunya akan mengurangi kenyaman saat berkendara, hal ini terjadi bisa di sebabkan oleh bermacam-macam masalah, salah satunya karena Konsisi Roller yang sudah Peyang, untuk permasalahan yang satu ini tinggal ganti saja roller yang peyang dengan yang baru, seperti yang pernah di bahas di Postingan sebelumnya bongkar-cvt-x-ride-sendiri , namun bila setelah penggantian roller "Greteg" masih ada berarti ada masalah lain yg harus di Identifikasi. 


Dari pengalaman saya selama menggunakan MIO , penyebab ""Greteg" biasanya timbul dari bagian Secondary Shave, penyebabnya bisa Bermacam-macam, yang paling sederhana karena mangkok Kompling Otomatis Kotor sisa dari gesekan kampas otomatis, bisa juga karena Bagian Kampas Otomatisnya tidak rata akibat dari sering tarik gas secara mendadak pada saat motor dalam keadaan diam/tidak di jalankan (Biasanya pada saat memanaskan Motor atau di lampu merah) , bisa juga karena mangkok otomatis yang sudah peyang , atau yang lebih parah karena bagian Secondary Shave yang emang rusak karena usia pakai. 

Baik saya hanya akan mengulas bagian yang paling sederhana saja untuk mengatasi Penyakit "Greteg" di X-ride, karena sempat Beberapa minggu lalu penyakit ini menjangkiti si RX-Robo, awalnya saya kira dari roller yg sudah Peyang, dan Benar, Begitu saya buka Kondisi Roller Peyang, setelah melakukan beberapa kali Penggantian Roller Mulai dari 6gr, 8gr, 8/10gr "Greteg" sempat hilang namun hanya beberapa hari saja, dan penyakit "Greteg" muncul lagi, menurut saya klo sudah begini permasalahan ada di bagian secondary shave mungkin karena kotor, paling simple sih buat permasalah seperti ini  tinggal bawa ke BERES cuma mengeluarkan biaya 30ribuan, masalah bisa di atasi,  tapi buat yang pengen belajar bongkar sendiri dan males buat ke BERES kaya saya, nih saya kasih tau tutorial nya,yang saya contek waktu services CVT di BERES hehehe !!!

Persiapan awal : 
  1. Sediakan Kunci-kunci , T8, T10, kunci Shok 14mm untuk buka mur dibagian secondary shave
  2. Tracker CVT (untuk tracker CVT bisa di beli di toko perkakas otomotif , klo ane bikin sendiri penamapakannya liat dibawah yah)
    Amplas halus, atau sikat kawat (buat bersihin kampas otomatis, biar greget lagi)
  3. Lap dan Alkohol (buat bersihin Mangkok Kopling) 
  4. Hape berkamera (Kali aja mau Foto-foto) hehehe

TRACKER CVT

Langkah Kerja : 
  • untuk proses pengerjaan dimulai dari membongkar blok/crangcase cvt seperti postingan saya sebelumnya di SINI
  • Setelah bagian crangcase terbuka langkah selanjutnya adalah membuka bagian Secondary Shave(Mangkok Kopling ) dengan menggunakan Tracker dan kunci shock 14mm. untuk membuka bagian ini memerlukan extra tenaga, jika dibutuhkan minta bantuan orang lain buat menahan tracker. dan jangan lupa untuk mengunci rem belakang. 



  •  lepaskan mur dan Spacer lalu lepaskan mangkok kopling



Part Secondary Shave. (Spacer,mur, Kompling Otomatis,Mangkok kompling)

  • Cek kondisi mangkok kopling, jika kotor bersihkan dengan lap yg di beri Alkohol, "Kenapa harus selalu dibersihkan dengan alkohol karena alkohol tidak akan membuat licin bagian ini, sangat tidak di sarankan menggunakan Bensin" 



  • Cek kondisi Kampas Otomatis,bila dilihat kondisinya akan sedikit mengkilap, itu disebabkan karena bekas gesekan dengan mangkok kopling, biar tarikan motornya Greget lagi bisa di bersihkan menggunakan Sikat kawat (recomended) atau dengan Amplas yang Halus secara perlahan, sampai bagian ini teras kasar, 




Before 
After
  • Proses selesai dan saatnya merakit lagi bagian CVT yang telah di bongkar tadi. pasang kopling otomatis, mangkok kopling, spacer dan Mur seperti semula, 




  • FINISH Saatnya Ujicoba, 
Setelah melakukan prosesi pembersihan bagian secondary Shave yang bermasalah tadi, selanjutnya saya lakukan ujicoba, merasakan apakah masih ada "Greteg" atau tidak. dan Hasilnya Alhamdulillah Gejala "Greteg" di tarikan awal pun hilang, enak lagi si RX-ROBO dipake jalan. Selamat Mencoba.  









No comments:

Post a Comment